Bakteri herpes genital bukan hal baru bagi sebagian kalangan, infeksi ini menyebabkan kulit penderita memperoleh luka melepuh, merah, gatal, dan berair. Herpes merupakan penyakit kulit yang ditimbulkan oleh serangan bakteri HSV. Penyakit tersebut merupakan jenis yang paling umum ditemui di Indonesia. Infeksi tersebut menyebabkan luka pada bibir, leher, atau di bagian tubuh lain yang menyebabkan sensasi gatal dan perih.

Anda memang harus mengetahui mengenai apa itu herpes agar memperoleh penanganan yang tepat. Cara mengobati bakteri virus herpes memang perlu Anda pahami dengan baik. Maka simak informasi lengkap mengenai penyakit herpes yang akan kami jabarkan dibawah ini.

Baca juga: Gejala Herpes Genitalis Pada Wanita

Apa Bakteri Herpes Genital?

Jadi bakteri herpes genital merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada kulit dan ditandai dengan terbentuknya gelembung berisi cairan berkelompok. Penyakit tersebut disebabkan oleh virus dengan jenis HSV. Penyakit satu ini terkadang disebut cacar oleh sebagian kalangan. Apabila diperhatikan, kini banyak bermunculan penyakit kulit yang mirip seperti herpes.

Tanda dan gejala herpes serta penyakit kulit yang mirip seringkali membuat kalangan berpikir terserang herpes ketika memperoleh tanda dan gejala yang sama. Jika Anda mengalami tanda yang mirip dengan bakteri herpes namun tidak merasa yakin dengan prediksi tersebut, maka bisa periksakan ke dokter untuk mengetahui dengan pasti mengenai penyakit yang sedang diderita.

Penyebab Herpes Genital Secara Umum

Herpes genital yang ditularkan melalui cairan mulut atau luka kulit bisa menyebar melalui ciuman atau barang yang dikenakan bersama-sama, seperti peralatan makan atau sikat gigi. Sering melakukan hubungan seksual dengan metode oral, bakteri herpes genital bisa disebabkan oleh bakteri HSV tahap 1 dan oral tahap 2.

Perlu Anda pahami, kambuhnya herpes bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang akan kami jabarkan dibawah ini:

Nyeri ketika menstruasi

Stress atau kelelahan fisik

Terserang AIDS atau sedang menjalankan kemoterapi

Mengalami trauma di area yang terserang, termasuk alat kelamin

Mengalami kelelahan

Terserang penyakit umum, baik ringan atau kondisi yang semakin serius

Gejala Herpes Genital Secara Umum

Gejalanya bisa terlihat dari timbulnya lepuhan berisi air yang berkelompok di atas ruam kemerahan tersebut, seringkali disertai dengan rasa nyeri, gatal dan seperti terbakar. Ketika lepuhan tersebut pecah, akan meninggalkan jejak kemerahan yang akan mengering menjadi koreng dan pada akhirnya sembuh.

Bakteri herpes genital bisa berubah menjadi later atau tidak aktif dalam tubuh dalam beberapa waktu. Namun virus tersebut kembali menjadi aktif dan memicu timbulnya gejala kembali. Dengan begitu, setelah infeksi dan gejala pertama hilang, bukan berarti virus menghilang dari tubuh Anda. Namun virus kemungkinan besar masih tersembunyi pada sel saraf dan bisa menjadi aktif kembali ketika kekebalan tubuh penderita rendah.

Bagi penderita yang pertama kali terserang herpes, mungkin tak akan menyadari adanya tanda dan gejala tersebut. Maka akibatnya, Anda tidak tahu bahwa tubuh telah terserang infeksi virus herpes. Berikut akan kami uraikan gejala herpes genital diantaranya.

Mengalami tanda dan gejala seperti demam, flu, kehilangan nafsu dan mudah kelelahan

Sakit pada area punggung bawah

Terasa sakit ketika buang air kecil

Luka akan terbuka dan melepuh pada leher rahim

Tedapat cairan yang keluar dari vagina

Penderita akan mengalami sensasi sakit, gatal dan nyeri di area genital atau anal

Bagi Anda yang tidak merasa nyaman dengan tanda dan gejala herpes genital dan membutuhkan diagnose yang tepat apakah Anda terserang herpes atau justru penyakit lainnya. Segera lakukan konsultasi bersama kami di klinik utama gracia untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan aman. Sekarang saatnya Anda melakukan reservasi bersama kami dengan mudah di nomor 085714263063 ini, sekian kami sampaikan mengenai bakteri herpes genital, semoga beruntung.