Herpes genital menular merupakan infeksi kelamin yang disebabkan oleh virus simpleks tipe 1 atau 2. Penyakit menular tersebut hadir ditandai dengan munculnya bintik atau lenting yang berisi cairan di area vagina, dubur, dan penis. Penderita akan merasakan perih serta panas ketika buang air kecil, buang air besar, dan berhubungan seksual. Lalu bagaimana proses penularan herpes genital yang bisa di aplikasikan supaya tidak mudah tertular penyakit tersebut? Mari simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Baca disini: Penyebab Berkembangnya Bakteri Herpes Genital



Berbagai Cara Herpes Genital Menular

Proses penularan herpes genital menular terjadi ketika adanya sentuhan secara lansung dengan kalangan yang mengidap penyakit tersebut. Virus herpes simpleks 1 dan 2 tidak akan hidup pada permukaan benda mati selain kulit atau kelamin manusia.

Maka dari itu, kecil kemungkinan Anda terserang herpes genital karena menggunakan alat mandi yang sama dengan pengidap herpes genital menular. Peluang Anda tertular herpes genital dari tempat duduk toilet pada umumnya sangat kecil. Sebab virus akan segera mati dalam sekejab ketika penderita pindah posisi. Namun penularan herpes banyak dilaporkan karena beberapa hal dibawah ini.

Berbagai Cara Penularan Herpes Genital

Penularan herpes genital biasanya terjadi karena adanya sentuhan secara langsung dengan orang yang sedang mengidap penyakit ini. Virus herpes simplex tipe 1 dan 2 hampir hanya akan bertan pada permukaan kulit. Maka dari itu, kecil sekali kemungkinan Anda terserang herpes genital karena menggunakan alat mandi yang sama dengan penderita herpes. Peluang Anda tertular herpes genital dari tempat duduk toilet umum sangat rendah. Karena virus akan mati ketika menempal pada benda tidak hidup.

 



Beberapa Penyebab Penularan Herpes Genital Menular

 

1. Penetrasi seksual

Virus herpes genital memang mudah sekali berpindah dari alat kelamin penderita ke kalangan yang sehat. Maka dari itu penetrasi seksual yakni masuknya penis ke vagina tanpa menggunakan kondom dengan orang yang megidap herpes dapat meningkatkan risiko penularan secara cepat. Risiko semakin tinggi jika Anda sering berganti-ganti pasangan seksual. Kian banyak pasangan Anda, semakin besar peluang tertular herpes genital dari orang lain.

2. Seks oral

Tidak hanya penetrasi seksual yang bisa menular herpes genital tersebut. Seks berupa oral, anus, mulut, dan vagina bisa menyebarkan virus herpes simpleks tersebut. Jika pasangan Anda mengidap herpes pada oral dan ia memberikan seks oral kepada Anda, maka virus yang ada di dalam mulutnya akan segera pindah ke alat kelamin. Maka ini yang akan membuat Anda terserang herpes genital meskipun dari asalnya herpes oral merupakan penyakit yang menyerang pasangan.

3. Pakai mainan seks bergantian

Walaupun virus simpleks mudah mati jika menyentuh permukaan benda, seks yang digunakan secara bergantian bisa menyebarkan virus dengan cepat. Ini disebabkan karena mainan seks Anda dan pasangan terkena basah oleh cairan dalam tubuh seperti air liur, sperma, atau cairan pelumas vagina.

Jadi virus herpes menjadi mudah bertahan hidup pada lingkungan yang lembab karena cairan dalam tubuh manusia. Jika Anda dan pasangan secara langsung bergantian mainan seks yang sama, padahal salah satu dari Anda terserang herpes genital, maka kemungkinan besar Anda akan terserang virus yang sama, walaupun kemungkinannya sangat kecil.

4. Proses melahirkan normal

Pada beberapa kasus, seorang ibu yang mengalami herpes genital dapat dengan mudah menularkan virus tersebut kepada bayi yang dilahirkan secara normal atau melalui vagina. Maka dari itu, Anda perlu membicarakan kemungkinan penularan herpes ketika masa hamil.

Bagi Anda yang sudah merasakan timbulnya tanda dan gejala diatas, bisa segera menghubungi kami Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan akurat. Anda bisa lakukan reservasi dengan mudah dengan cara menghubungi nomor 085714263063. Sekian kami sampaikan mengenai herpes genital menular, semoga berikan banyak manfaat.

Baca disini: Gejala Herpes Genitalis Pada Wanita


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.