Kelamin pada tubuh bisa dihinggapi kutil, jadi kutil kemaluan pada umumnya muncul pada beberapa bagian yang sensitif. Apa yang menyebabkan munculnya kutil di sebuah kelamin? Kutil kelamin merupakan penyakit yang mengakibatkan timbulnya benjolan kecil di area intim yang disebabkan oleh virus HPV atau human papilloma virus. Ditemukan lebih dari 100 jenis virus yang pada umumnya bisa menyebabkan tumbuhnya kutil di jari, tangan, bahkan wajah.

Ketika penderita terserang infeksi, kutil dapat tumbuh di area manapun, baik bagi kalangan wanita atau pria. Namun biasanya perempuan rentan terserang Hpv genital tersebut. Kutil tersebut pertumbuhannya sangat lembut, jadi awalnya tidak akan terdeteksi secara kasat mata, namun lama kelamaan akan muncul dan terasa ketika disentuh.

Tumbuhnya kutil pada kelamin akan menimbulkan rasa sakit dan perih, cenderung terasa tidak nyaman, dan gatal diarea kelamin yang terdapat kutil kemaluan tersebut. Mereka merupakan benjolan yang cukup berbahaya bagi kalangan wanita, karena beberapa jenis HPV bisa menyebabkan kanker serviks dan vulva.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Yang Terjangkau



Pengobatan Untuk Atasi Kutil Kemaluan


1. Penanganan dengan obat oles


Obat yang biasa digunakan untuk menghilangkan kutil kemaluan yakni krim oles. Produk tersebut akan bekerja dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga akan memerangi infeksi yang berkembang akibat HPV. Pada umumnya obat tersebut di oleskan tiga kali dalam seminggu, selama 4 bulan. Setelah dioleskan, kulit tidak boleh dibasuh dengan air atau sabun beberapa waktu.

Sementara itu, podofilin merupakan sebuah cairan yang dapat menghilangkan kutil kelamin. Area kulit yang akan ditetesi harus benar-benar kering. Setelah memperoleh obat tersebut, daging yang menyerupai jengger ayam akan segera lepas. Pengobatan ini cocok untuk kutil kelamin yang berukuran kecil.

2. Krioterapi

Krioterapi merupakan sebuah metode mendinginkan kutil kelamin hingga beku menggunakan zat. Pada umumnya, proses pendinginan akan dilakukan dalam jangka waktu beberapa detik. Setelah membeku, benjolan daging akan segera lepas dari kemaluan.

3. Menggunakan larutan asam

Selanjutnya yakni larutan asam, produk yang biasa digunakan yakni trikloroasetat. Untuk menghilangkan kutil kemaluan tersebut, larutan asam bisa dioleskan pada benjolan setiap seminggu sekali. Pengobatan tersebut akan berjalan efektif bagi kutil yang mempunyai ukuran kecil.

4. Operasi

Pada kutil kelamin yang mempunyai ukuran besar atau tidak bisa disembuhkan menggunakan obat-obatan, penanganan yang paling tepat yakni operasi. Pada umumnya operasi menggunakan cauter, sehingga tidak perlu dijahit dan tak akan menimbulkan darah,

Anda tidak bisa menjalankan semua jenis pengobatan di atas sendiri atau dirumah, penyakit ini harus ditangani oleh dokter yang ahli dalam bidangnya. Jika tidak segera diobati, kutil kelamin tidak akan hilang dengan mudah, melainkan menjadi semakin besar seiring berjalannya waktu.



Komplikasi Akibat Munculnya Kutil Pada Kelamin

Kanker serviks tentu berhubungan dengan infeksi HPV genital. Beberapa jenis virus tersebut bahkan berkaitan dengan kanker anus, penis, vulva, dan mulut. Bakteri jenis papilloma pada manusia tidak melulu menyebabkan kanker, namun wajib dan penting bagi wanita untuk melakukan pap smear secara rutin. Terutama jika Anda terinfeksi dengan jenis dan resiko yang lebih tinggi dari HPV.

Kutil kelamin juga bisa menyebabkan masalah selama masa kehamilan penderitanya. Ketika kutil menjadi semakin membesar, ibu hamil menjadi sulit buang air kecil. Kutil pada dinding vagina bisa mengurangi kemampuan jaringan vagina untuk meregang ketika proses persalinan. Kutil yang membesar pada vagina atau vulva bisa menyebabkan pendarahan ketika mengejan.

Jika Anda mempunyai kutil yang tumbuh membesar, segera periksakan kondisi tersebut di Klinik Utama Gracia untuk memperoleh penangan yang tepat. Anda bisa melakukan reservasi dengan mudah melalui 085714263063. Sekian kami sampaikan mengenai kutil kemaluan, semoga bermanfaat.

Baca juga: Prosedur Penanganan Dan Obat Kutil Kelamin


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.