Penyebab kutil kelamin yakni timbulnya benjolan seperti daging kecil di area genital dan anus yang diakibatkan oleh infeksi menular seksual serta pada umumnya disebabkan oleh virus HPV atau Human papillomavirus. Virus tersebut menjadi penyebab paling umum dari hampir semua penyakit menular seksual. Kalangan pria dan wanita yang aktif secara seksual menjadi rentan terhadap komplikasi Hpv, termasuk kutil kelamin.

Kutil kelamin bisa menyebabkan rasa sakit, rasa tidak nyaman, dan gatal. Bahkan bukan tak mungkin jika kutil kelamin dapat memicu kanker vulva dan serviks. Perawatan yang intens merupakan cara terbaik untuka atasi infeksi sebab kutil kelamin tersebut. Gejala kutil kelamin terkadang tak bisa dilihat secara langsung. Bisa jadi bentuk kutil yang hadir sangat kecil dengan warna senada seperti kulit atau lebih gelap.

Baca juga: Pengobatan Terjamin Kutil Kemaluan



Penyebab Kutil Kelamin Yang Biasa Terjadi?

Bagian atas dari kutil berbentuk seperti kembang kol dan sedikit bergelombang ketika disentuh. Munculnya penyebab kutil kelamin bisa satuan atau bergerombol. Kutil kelamin bisa ditularkan melalui kegiatan seksual termasuk vaginal, anal, dan oral. Kutil kelamin bisa muncul di penis, paha, selangkangan, di sekitar anus, di luar vagina, serta bibir dan tenggorokan. Bahkan ketika Anda tidak dapat melihat secara langsung kutil kelamin tersebut, akan terasa sensasi seperti rasa panas, pendarahan, keputihan, dan gatal.

Walaupun setiap kalangan yang aktif berhubungan seksual berkemungkinan besar mengidap kutil kelamin, namun beberapa spesifikasi tertentu akan membuat Anda lebih mudah terinfeksi kutil seperti pada usia 30 tahun, pernah mengidap penyakit kelamin sebelumnya, merokok, dan berbagi pakaian dalam atau menggunakan handuk yang sama dengan kalangan yang sudah terinfeksi kutil kelamin serta masih banyak lainnya.

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, terdapat beberapa cara alami yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan penyebab kutil kelamin, berikut beberapa diantaranya:

1. Menggunakan tea tree oil

Minyak pohon teh mempunyai kandungan alami yang mempunyai sifat antibakteri, jamur, dan antivirus. Seluruh kandungan tersebut dapat membantu tubuh Anda melawan virus Hpv yang menyebabkan kutil kelamin. Satu hal yang harus Anda ingat, sebelum menggunakan minyak tersebut sebagai terapi tambahan.

Konsultasikan ke dokter yang menangani Anda untuk mengetahui cara penggunaan yang tepat. Ini merupakan hal penting untuk mengetahui apakah kalian mempunyai alergi pada bahan tersebut, yang nantinya akan membuat kutil kelamin mengalami peradangan atau semakin parah. Selain itu, Anda harus perhatikan bahwa minyak pohon hanya untuk pemakaian di luar, bukan untuk diminum.



2. Aplikasikan Ekstrak daun teh hijau

Ekstrak daun teh hijau mempunyai kandungan antioksidan polifenol dalam jumlah tinggi atau dikenal dengan istilah catechin. Ekstrak tersebut yang dijadikan sebagai bahan berbentuk salep lalu dioleskan pada kulit yang terserang kutil. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

3. Bawang putih

Pengobatan alami yang bisa membantu menghentikan perkembangan virus penyebab kutil kelamin yakni bawang putih. Beberapa sumber mengatakan bahwa bawang putih mempunyai keampuhan antivirus yang dapat mencegah sel yang terinfeksi dan berkembang biak. Cara penggunaan nya cukup mudah, Anda hanya perlu hancurkan satu siung bawang putih segar, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun. Setelahnya campur merata, Anda bisa oleskan kepada kutil dan luka di sekitarnya.

Untuk Anda yang merasa kurang nyaman dengan tanda dan gejala diatas, segera lakukan pemeriksaan bersama kami di Klinik Utama Gracia yang akan berikan kemudahan serta kelancaran kepada kalian semua. Reservasi kini bisa dijalankan dengan mudah di nomor 085714263063. Demikian mengenai penyebab kutil kelamin, semoga bermanfaat.

Baca juga: Sebab Dan Gejala Awal Kutil Kelamin


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.