Masalah pada prostat membesar merupakan satu diantara penyakit yang umum dialami oleh kalangan pria. Biasanya gangguan tersebut terjadi pada pria yang berusia diatas 50 tahun. Perlu Anda ketahui apa penyebab, gejala serta cara mengatasi masalah prostat.

Prostat merupakan kelenjar pada sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih atau uretra. Kelenjar tersebut akan mengeluarkan cairan yang dan menyuburkan atau melindungi sperma. Ukuran prostat pada umumnya sebesar biji kenari dan semakin besar seiring bertambahnya usia. Apabila prostat terlalu besar atau mengalami masalah, maka bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Yang Terjangkau



Penyebab Terjadinya Masalah Prostat Membesar

Memang belum dipastikan apa penyebabnya, namun dokter memperkirakan kondisi tersebut terjadi karena adanya perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan. Pada sistem kemih pria, saluran yang berfungsi membuang urin keluar dari tubuh melalui penis atau biasa dikenal dengan uretra.

Jalur lintas uretra tersebut kebetulan akan melewati kelenjar prostat, jika terjadi pembengkakan pada kelenjar prostat, maka secara bertahap akan mempersempit uretra dan pada akhirnya aliran urin mengalami penyumbatan. Masalah ini yang akan membuat otot-otot dalam kandung kemih membesar dan lebih kuat untuk mendorong urin yang keluar.



Faktor Yang Bisa Meningkatkan Risiko Seorang Terkena BPH


•Faktor penuaan

•Menderita penyakit jantung atau diabetes

•Terserang efek samping obat-obatan yang menghambat beta

•Karena keturunan

•Menderita diabetes dan jantung

•Kurang olahraga dan mengalami obesitas

Pengobatan Untuk Prostat Membesar

Terdapat beberapa pilihan pengobatan yang akan membantu mengurangi gejala prostat membesar. Seorang pria yang mengalami gejala harus menjalankan pilihan yang tersedia dengan dokter. Perawatan tersebut termasuk mengkonsumsi obat-obatan, pengobatan di rumah, menjalankan gaya hidup sehat, dan operasi.

Namun jika pengobatan tidak mengurangi tanda, dokter akan merekomendasikan operasi bedah, diantaranya:

1.Proses pertama yakni mengangkat jaringan prostat atau biasa disebut dengan reseksi transurethral prostat

2.Selanjutnya menggunakan gelombang mikro yakni dapat menghancurkan jaringan prostat yang berlebih atau istilah medisnya thermotherapy microwave transurethral

3.Penderita juga bisa melakukan rekonstruksi insisi transurethral prostat, yakni alur akan dibuat pada prostat

4.Yang terakhir yakni angkat uretra prostat, dimana jaringan akan dipindahkan dari uretra

Proses Penanganan Atau Pengobatan Mandiri

Menurut beberapa sumber, perubahan gaya hidup bisa meringankan gejala pembesaran prostat, beberapa diantaranya yakni:

•Menjalankan olahraga secara rutin

•Hindari minum terlalu banyak di malam hari

•Periksa apakah obat-obatan dapat menimbulkan gejala

•Menjaga berat badan tetap ideal dan sehat

•Kurangi asupan pemanis, soda, dan alkohol

Semua kalangan bisa memperoleh keuntungan dari olahraga yang teratur dan disiplin. Olahraga bisa membantu perbaiki kesehatan dan aliran darah. Beberapa diantaranya seperti latihan kegel, senam latihan otot panggul, secara khusus proses ini bisa memperbaiki gejala yang berhubungan dengan prostat membesar.

Jadi kesimpulannya, banyak kalangan pria yang mengalami pembesaran prostat seiring bertambahnya usia, sebab kelenjar tak berhenti tumbuh sepanjang hidup penderita. Dengan pertambahan usia, Anda harus melakukan pemeriksaan dengan disiplin untuk melihat adanya kanker atau tidak. Beberapa jenis obat, perubahan gaya hidup dan pilihan rekonstruksi bedah tersedia untuk membantu mengurangi efek prostat membesar dan risiko lainnya.

Ketika Anda melakukan perawatan yang tepat, maka pria biasanya dapat menjaga kehidupan seks secara teratur. Kami Klinik Utama Gracia akan membantu permasalahan yang mengganggu Anda. Semua proses akan berjalan dengan nyaman dan professional. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami di 085714263063. Sekian kami sampaikan mengenai prostat membesar, semoga bermanfaat.

Baca juga: Bahaya Kutil Kelamin, Cukup Berisiko?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikpenyakitkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.