penyakit kelamin pada wanita
Sebagai seorang wanita dalam menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting terutama kebersihan organ intimnya, sebab jika tidak dapat menjaga kebersihan, maka segala jenis penyakit kelamin pada wanita akan menyerang sehingga menyebabkan terganggunya fungsi-fungsi organ vital tersebut.

Dengan iklim yang dimiliki oleh Negara Indonesia yaitu tropis dan sub tropis, menyebabkan jamur, parasit dan bakteri dapat berkembang biak sehingga menyebabkan beberapa penyakit pada wanita, khususnya mengenai penyakit kelamin.

Terdapat beberapa penyakit kelamin pada wanita yang harus diketahui, antara lain:

  1. Herpes genitalis

Penyakit ini adalah infeksi yang terjadi karena virus herpes simplex tipe II atau tipe I. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang gejala-gejalanya dapat berupa sakit kepala, tidak enak badan, demam, nyeri otot, cepat lelah dan pusing. Selain itu jika timbul luka, maka si penderita akan merasakan kulit seperti terbakar pada luka tersebut.

 

  1. Bartholinitis

Bertholinitis terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri gonokokkus atau kuman lain seperti streptokokkus atau basil koli. Infeksi yang terjadi di pinggir salah satu kelenjar bartholin yang terletak pada bagian dasar labia. Kelenjar bartholin sendiri merupakan kelenjar pelumas saat melakukan hubungan seksual yang letaknya berada pada lubang awal vagina. Gejala yang biasanya timbul adalah demam dan tidak enak badan, sedangkan gejala yang terjadi pada vagina yaitu terjadinya pembengkakan pada vagina sebelah kanan atau kiri dan terasa nyeri apabila diraba. Penyakit ini apabila tidak ditangani secara cepat, maka akan terjadi kista bartholinitis pada si penderita.

 

  1. Kandidiasis

Penyakit ini terjadi akibat dari jamur candida yang terdapat didalam tubuh. Biasanya jamur ini akan menyerang paru-paru, mulut, vagina, kulit dan lain-lain. Penyakit ini bersifat akut atau sub akut dan pada vagina wanita biasanya terjadi karena terlalu sering menggunakan obat antibiotik, penggunaan pil KB dan obat-obatan lain yang dapat merubah suhu yang berada di daerah sekitar vagina. Gejala yang timbul pada penyakit ini adalah keluarnya cairan kental berwarna putih yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, rasa gatal dan terbakar.

 

  1. Keputihan

Keputihan merupakan salah satu penyakit yang pastinya akan dialami oleh semua wanita, keputihan sendiri merupakan cairan yang keluar dari dalam vagina namun cairan tersebut tidak berupa darah. Keputihan sendiri menurut jenisnya terbagi menjadi dua yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patalogis.

 

  1. Servisitis

Penyakit servisitis ini terjadi karena mikroorganisma aoreb, kandraga dan trikomas vaginalis. Selain mikroogranisme tersebut, penyakit ini juga dapat disebabkan karena penggunaan alat kontrasepsi atau benda asing yang menempel pada dinding rahim.

 

  1. Kanker serviks

Ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan paling banyak ditakuti oleh wanita, kanker serviks merupakan kanker yang terjadi karena disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus). Virus HPV ini berkembang biak salah satunya disebabkan karena kurangnya wanita menjaga kebersihan organ intimnya, merokok, bergonta-ganti pasangan, kurangnya asupan asam folat pada tubuh serta kurangnya asupan vitamin pada tubuh.

 

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah salah satu penyakit menular seksual yang terjadi akibat berganti-ganti pasangan dan menggunakan obat-obatan injeksi. Penyakit ini terjadi disebabkan oleh virus parasit protozoa. Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini adalah dinding vagina yang terlihat sembam dan kemerah-merahan, berbau tidak enak dan berbusa.

 

  1. Ulkus Mole

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Haemophilus Ducrey yang menular melalui hubungan seksual. Penyakit ini terjadi pada negara-negara berkembang yang beriklim tropis dan sub tropis. Penyakit ini selain menyerang wanita, pria juga tidak luput dari penyakit ini. Gejala penyakit ini yaitu terjadinya keputihan, sakit saat buang air kecil dan munculnya borok di dalam vagina.

Demikianlah artikel mengenai beberapa penyakit kelamin pada wanita. Apabila Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai penyakit kelamin yang biasanya terjadi pada wanita, Anda dapat berkonsultasi secara online kepada dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.