penyebab mandul
Mandul atau kemandulan (infertilitas) merupakan hal yang sangat ditakuti oleh semua orang, baik pada pria maupun wanita khususnya yang telah menjalani hidup berumah tangga. Untuk itu dari sejak dini perlu diberikan informasi mengenai apa saja penyebab mandul tersebut.

Mengetahui penyebab mandul atau kemandulan sangatlah penting untuk mengantisipasi dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dalam istilah medis, kemandulan dikenal sebagai infertilitas (infertility), yaitu tidak adanya tanda-tanda kehamilan setelah 12 bulan atau lebih Anda berhubungan seksual tanpa menggunakan alat-alat kontrasepsi.

Kemandulan sendiri dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:

  • Kemandulan primer, yaitu kemandulan tanpa adanya kehamilan sebelumnya
  • Kemandulan sekunder, yaitu kemandulan yang terjadi pada pasangan dimana pasangan sebelumnya telah memiliki anak melalui hubungan normal (bukan hamil buatan atau hamil tabung dll)
  • Sterilitas, yaitu tidak ada kesempatan untuk hamil. Hal ini sangat berbeda dengan infertilitas pada umumnya yang berarti berkurangnya potensi untuk hamil.

Penyebab kemandulan pria dan wanita

Penyebab kemandulan yang dialami pria maupun wanita tidaklah sama, semua itu disebabkan karena keduanya mempunyai organ reproduksi yang berbeda meskipun identik satu sama lainnya.

Penyebab mandul pada wanita

  • Gangguan ovulasi

Kondisi ini disebabkan tidak adanya ovulasi atau siklus ovulasi yang tidak teratur. Masalah yang paling utama pada gangguan ovulasi adalah ketidakseimbangan hormon. Hal ini disebabkan beberapa hal seperti pada penyakit kelenjar endokrin, kurang gizi, berat badan kurang, masalah genetik, kegemukan, stress, dan penggunaan kontrasepsi hormonal.

 

  • Kerusakan pada saluran tuba

Saluran tuba merupakan jalur yang dilalui oleh sel telur yang berasal dari ovarium untuk menuju ke dalam rahim. Jika terjadi penyumbatan pada saluran ini, maka dapat mencegah kehamilan. Hal ini dapat terjadi oleh beberapa faktor seperti penyakit radang panggul, sering terkena penyakit menular seksual, uterine fibroid, endometriosis dll.

penyebab mandul

 

  • Endometriosis

Sebanyak 35-50% kasus kemandulan pada wanita disebabkan oleh endometriosis. endometriosis sendiri merupakan lapisan endometrium rahim yang tumbuh di luar rahim. Jika menstruasi datang pada wanita yang terkena penyakit ini, akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat disertai dengan darah menstruasi yang keluar.

 

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ini terjadi disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada tubuh wanita. Ketidaksembangan hormon ini antara lain dapat menyebabkan penyimpangan dari siklus menstruasi, berat badan, masalah kulit, kista kecil pada ovarium, resistensi insulin dan hirsutisme yaitu tumbuhnya rambut pada tubuh yang berlebihan atau terjadinya penipisan rambut kepala.

 

  • Antibodi anti-sperma

Sebagian wanita, tubuhnya mempunyai antibodi terhadap sperma, sehingga ketika sperma sudah masuk melalui saluran reproduksi wanita maka akan langsung dibunuh oleh sistem pertahanan tubuh. Hal ini yang menyebabkan sperma kesulitan untuk membuahi sel telur. kejadian ini merupakan penyebab mandul yang sangat sulit diatasi.

Selain hal tersebut di atas, terdapat juga beberapa faktor yang menyebabkan kemandulan pada wanita yaitu:

  • Usia, dimana tingkat kesuburan wanita akan menurun tajam setelah memasuki usia 35 tahun
  • Terjadinya masalah ginekologi, seperti kehamilan ektopik sebelumnya atau telah mengalami lebih dari satu kali keguguran
  • Terjadinya kondisi medis seperti diabetes, gangguan tiroid, epilepsi dan penyakit usus
  • Faktor gaya hidup yang kurang sehat seperti stress, merokok, kekurangan dan kelebihan berat badan.

Penyebab mandul Pada Pria

Kondisi yang menyebabkan kemandulan pada pria antara lain disebabkan oleh:

  • Jumlah sperma yang rendah

Berdasarkan penelitian, sperma yang sehat adalah sperma yang berjumlah 20 juta per ml atau lebih. Jika jumlah sperma seorang pria saat ejakulasi kurang dari itu, maka dapat dikatakan bahwa sperma pria tersebut tergolong rendah. Penyebab sperma rendah biasanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak baik, pola makan yang buruk, polusi lingkungan, selalu memakai pakaian ketat dll.

 

  • Kualitas sperma rendah

Selain jumlah sperma, kualitas sperma juga menjadi salah satu penyebab kemandulan. Sperma dikatakan memiliki kualitas yang rendah jika motilitas (pergerakan sperma) kurang dan terjadinya kelainan bentuk morfologi. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab kemandulan pada pria dengan rasio sekitar 25%. Sperma yang buruk kualitasnya biasanya juga diikuti dengan kurangnya jumlah sperma.

 

  • Penyumbatan pada vas deferens

Vas deferens merupakan saluran berbentuk tabung yang mempunyai tugas membawa sperma subur. Kondisi ini juga dikenal sebagai penyumbatan epididimis. Penyebab utama terjadinya hal ini adalah varises yang terjadi pada testis, gonorea, dan klamidia juga dapat menjadi salah satu penyebab hal ini.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, terdapat faktor-faktor lain yang berperan dalam proses kemandulan seseorang seperti:

  • Terjadinya peradangan pada testis
  • Pernah mengalami atau mempunyai riwayat infeksi bakteri sehingga menyebabkan jaringan parut dalam epididimis
  • Masalah genetik
  • Diabetes
  • Faktor gaya hidup yang kurang baik seperti kelebihan berat badan atau bekerja pada perusahaan yang pekerjaannya melibatkan kontak dengan bahan kimia atau radiasi.

Itulah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kemandulan seorang pria atau wanita. Untuk itu sangat disarankan untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat, sehingga dapat terhindar dari kemandulan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kemandulan, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter spesialis kami dengan menekan tombol konsultasi di bawah ini.