gejala dan pengobatan infeksi saluran kemih

Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri E.Colli yaitu suatu bakteri yang biasanya hidup di dalam saluran pencernaan. Lalu apa saja gejala infeksi saluran kemih? Serta bagaimana cara pengobatannya?

Sistem saluran kemih sebenarnya terbagi menjadi dua bagian yaitu infeksi saluran kemih (ISK) bagian atas dan infeksi saluran kemih (ISK) bagian bawah.

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) Bagian Atas

Pada ISK bagian atas infeksi pada umumnya terjadi pada bagian ureter dan ginjal. Adapun gejala yang biasanya timbul pada ISK bagian atas antara lain:

• Mual dan muntah
  • Gelisah
  • Nyeri pada bagian pinggang dan bagian punggung
  • Tubuh yang terasa menggigil dan dingin
  • Disorientasi

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) Bagian Bawah

Pada ISK bagian bawah, infeksi pada umumnya terjadi pada bagian uretra dan kandung kemih (sistitis). Gejala-gejala yang biasanya timbul akibat ISK bagian bawah antara lain yaitu:

• Perasaan nyeri atau perih saat sedang buang air kecil
  • Perasaan yang tidak nyaman pada perut bagian bawah
  • Bau urine yang sangat menyengat
  • Badan mudah merasa lelah, nyeri dan tidak enak
  • Perasaan bahwa urine yang telah dikeluarkan tidak sepenuhnya setelah selesai buang air kecil
  • Warna urine yang keruh dan terkadang bersampur dengan darah
  • Timbulnya perasaan ingin selalu buang air kecil yang tidak dapat ditahan
  • Munculnya tekanan pada panggul

Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala seperti tersebut di atas, segera lakukan konsultasi dengan dokter agar segera diberikan pertolongan dengan melakukan tindakan pengobatan yang sebagaimana mestinya.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Jika Anda mengalami ISK, pada umumnya dokter akan memberikan pengobatan infeksi saluran kemih menggunakan beberapa jenis antibiotik seperti ciprofloxacin, trimethoprim, dan levofloxacin. Selain itu terdapat beberapa jenis antibiotik yang menurut penelitian dianggap mampu untuk mengobati infeksi saluran kemih, antibiotik tersebut antara lain yaitu azithromycin, fosfomycin, ceftriaxone, doxyxyxline dan cephalexin.

Selain obat-obatan antibiotik tersebut, obat pereda rasa sakit seperti paracetamol juga terkadang diberikan oleh dokter untuk menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan oleh ISK. Selain menggunakan obat-obatan yang disarankan oleh dokter, Anda juga dapat melakukan beberapa hal di rumah Anda untuk menunjang pengobatan yang diberikan oleh dokter, dengan tujuan agar penyembuhan penyakit ISK yang Anda alami dapat segera sembuh. Hal-hal yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu:

• Jangan menahan keinginan untuk buang air kecail, sebab dengan menahan keinginan untuk buang air kecil, justru akan membantu bakteri berkembang biar sehingga membuat infeksi saluran kemih semakin parah
  • Minum banyak air
  • Redakan rasa nyeri yang timbul menggunakan kompres air hangat

Jika Anda mengalami infeksi saluran kemih yang tergolong ringan dan tidak beresiko tinggi untuk terkena komplikasi, maka Anda tidak perlu melakukan rawat inap di rumah sakit. Sebaliknya jika Anda berpotensi terkena komplikasi, ada baiknya Anda melakukan rawat inap di rumah sakit yang telah ditunjuk oleh dokter Anda.

Itulah beberapa gejala infeksi saluran kemih serta beberapa langkah pengobatan infeksi saluran kemih yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ISK semakin parah.

Jika Anda mengalami gejala infeksi saluran kemih yang tergolong ringan biasanya akan sembuh beberapa hari setelah pengobatan infeksi saluran kemih dimulai. Namun jika gejala yang Anda alami parah, maka Anda harus segera dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan pengobatan infeksi saluran kemih yang lebih intensif, atau Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.