kondiloma akuminata, kondiloma, kondiloma akuminata adalah

Kutil kelamin atau yang biasa disebut dengan kondiloma akuminata adalah kutil yang berkembang dan tumbuh di dalam atau sekitar vagina, penis, dan dubur. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual.

Kondiloma akuminata adalah salah satu jenis infeksi penyakit menular yang paling sering ditemukan. Orang yang aktife secara seksual dan melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan dapat dengan mudah terinfeksi virus HPV (Human papillomavirus). Virus ini merupakan virus penyebab penyakit kutil kelamin. Penyakit ini pada umumnya banyak terjadi pada kaum wanita dibandingkan dengan kaum pria.

Kutil kelamin akan terlihat seperti benjolan daging yang berukuran kecil atau terlihat seperti kembang kol. Pada beberapa kasus, kutil nampak terlalu kecil untuk dapat dilihat. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, penyakit kutil kelamin dapat disebabkan oleh beberapa strain virus HPV, sementara yang lainnya dapat menyebabkan kanker.

Sekitar 70% dari penyebab kasus keganasan pada leher rahim wanita atau serviks, menurut WHO disebabkan oleh virus HPV tipe 16 dan 18. Sedangkan 90% kasus kutil kelamin yang terjadi disebabkan oleh Virus HPV tipe 6 dan 11.

Gejala Kondiloma Akuminata

Gejala yang biasanya terjadi pada wanita adalah, tumbuhnya kutil pada vulva, dinding vagina, daerah diantara kelamin dan anus, kanalis anal, dan leher rahim. Sedangkan pada pria gejala kondiloma akuminata adalah, kutil yang tumbuh dan berkembang pada ujung atau batang penis, skrotum, dan anus.

Penyakit ini juga dapat terjadi pada bagian mulut dan tenggorokan orang yang sering melakukan oral seks dengan penderita penyakit kutil kelamin.

Tanda dan Gejala Kutil Kelamin

1. Munculnya Benjolan kecil, benjolan berwarna kemerahan atau abu- abu pada daerah sekitar kelamin,
  2. Bintik kutil yang tumbuh saling berdekatan satu dengan lainnya dan terlihat seperti kembang kol,
  3. Timbulnya rasa gatal atau rasa tidak nyaman pada daerah sekitar kelamin,
  4. Terjadinya pendarahan saat melakukan hubungan seksual.

Kutil kelamin pada umumnya sangat kecil dan datar, sehingga tidak bisa dilihat dengan kasat mata, dan dapat berkembang serta membentuk kelompok besar.

Penyebab

Virus Human papillomavirus (HPV) adalah penyebab penyakit ini, bahkan terdapat lebih dari 40 jenis HPV yang berbeda dan secara khusus mempengaruhi daerah genital. HPV genital pada umumnya akan menyebar melalui kontak seksual, dan dalam banyak kasus, sistem kekebalan tubuh Anda akan membunuh HPV genital dan Anda tidak akan pernah memperlihatkan tanda-tanda atau gejala infeksi.

Faktor Resiko

Hampir semua orang yang aktif dalam melakukan hubungan seksual dapat terinfeksi paling sedikit salah satu virus HPV sepanjang hidupnya. Adapun faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko infeksi antara lain yaitu:

1. Melakukan hubungan seks yang tidak aman (melakukan hubungan seks tanpa pengaman seperti kondom dll)
  2. Mempunyai penyakit infeksi menular lainnya
  3. Melakukan hubungan seks dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat penyakit seksualnya
  4. Aktif melakukan seks pada usia muda

Pengobatan

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang bukan tidak mungkin dapat diobati. Jika kondiloma atau kutil kelamin yang Anda alami tidak menyebabkan rasa tidak nyaman, maka Anda tidak membutuhkan pengobatan untuk menyembuhkannya, sebab sistem kekebalan tubuh Anda sendiri yang akan membunuh virus tersebut. Sebaliknya jika menyebabkan rasa gatal, panas dan nyeri, maka dibutuhkan pengobatan untuk mengobatinya atau dengan melakukan pembedahan.

Adapun cara mengobatinya, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

• Menggunakan obat-obatan kutil kelamin seperti imiquimod, podofilin dan podofilox, asam trikloroasetat (TCA), dan sinakatekin. Jangan pernah mengobati kutil kelamin menggunakan obat penghilang kutil yang sering Anda temukan di pasaran, sebab obat-obatan tersebut bukan untuk mengobati kutil yang berada pada area genital.
  • Menggunakan prosedur pembedahan, jika penyakit ini sudah berukuran besar dan tidak memberikan respon dari cara menggunakan obat-obatan kutil kelamin. Adapun beberapa prosedur pembedahan yang dapat dilakukan antara lain yaitu, bedah beku menggunakan nitrogen cair, elektrokauter, bedah eksisi, dan laser.

Itulah pengertian dan penjelasan mengenai penyakit kondiloma akuminata beserta penyebab dan pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit ini. Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai kondiloma akuminata atau kutil kelamin, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini