obat infeksi saluran kemih

Kondisi dimana sistem kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi yang menyebabkan seseorang sulit dan merasakan sakit saat buang air kecil disebut juga dengan infeksi saluran kemih (ISK). Lalu adakah obat infeksi saluran kemih?

Sebelum membahas mengenai obat infeksi saluran kemih, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa penyebab infeksi saluran kemih?

Infeksi saluran kemih (ISK) atau yang sering disebut urinary tract infection merupakan suatu penyakit pada saluran kemih atau saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan berkembang di dalam saluran kemih. Laki-laki maupun perempuan dapat terinfeksi penyakit ini, akan tetapi kaum wanitalah yang mempunyai resiko tertinggi untuk terkena penyakit ini.

Menurut penelitian dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), bakteri E.coli merupakan bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit ini. Bakteri ini seharusnya merupakan bakteri yang hidup pada saluran pencernaan, akan tetapi masuk melalui saluran kemih sehingga menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kemih.

Selain bakteri E.coli, penyakit seperti klamidia dan mycoplasma juga menjadi penyebab penyakit ini. Namun yang membedakan adalah jika bakteri E.coli ditemukan pada sistem pencernaan alias usus besar, sedangkan klamidia merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus HPV.

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadikan pemicu terjadinya infeksi saluran kemih, diantaranya adalah:

  • Adanya penghalang yang menghalangi atau menutupi saluran kencing, seperti batu ginjal
  • Sulit untuk mengeluarkan semua urine yang ada pada kandung kemih
  • Penggunaan alat kontrasepsi seperti diafragma atau kondom yang tidak benar
  • Lemahnya sistem daya tahan tubuh karena adanya suatu penyakit atau karena kemoterapi
  • Pada laki-laki terjadinya pembesaran pada kelenjar prostat juga dapat memicu terjadinya ISK

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Sama halnya dengan penyakit-penyakit yang lain, infeksi saluran kemih juga mempunyai beberapa gejala yang biasanya timbul antara lain yaitu:

  • Urin yang berwarna keruh atau bahkan disertai dengan pendarahan
  • Munculnya bau yang tidak sedap dari urine
  • Munculnya keinginan buang air kecil yang lebih sering dari biasanya
  • Mengalami kram pada perut bagian bawah
  • Demam
  • Munculnya perasaan gelisah atau kebingungan

Lalu adakah obat infeksi saluran kemih yang dapat dilakukan dengan mudah dan dengan cara yang sederhana sehingga dapat dilakukan di rumah?

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai obat infeksi saluran kemih yang dapat dilakukan di rumah sebelum Anda melakukan pengobatan medis, antara lain yaitu:

  1. Banyak mengkonsumsi air putih

Sebagai obat infeksi saluran kemih, langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan merutinkan minum air putih setiap hari, atau Anda dapat berkonsultasi kepada dokter langganan Anda mengenai jumlah takaran yang dapat Anda konsumsi setiap harinya.

Menurut penelitian, untuk menghilangkan serta mengeluarkan bakteri melalui urin dapat Anda lakukan dengan meminum delapan hingga sepuluh gelas per hari. Namun, apabila Anda mengalami penyakit batu ginjal, ada baiknya hal ini dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Jika Anda terdiagnosis terinfeksi saluran kemih, maka disarankan untuk mengurangi minuman yang berwarna serta mengandung kafein seperti teh, kopi dan soda. Hal ini sebab minuman tersebut dapat memperparah terjadinya penyakit infeksi saluran kemih. Selain itu Anda juga disarankan untuk menghindari minuman yang mengandung alkohol, minuman yang manis, jus lemon, anggur, jeruk nipis, dan jus jeruk.

 

  1. Jangan menahan buang air kecil

Selalu pantau durasi jarak Anda saat harus buang air kecil, jangan pernah menahan untuk buang air kecil, sebab hal itu malah akan membuat bakteri semakin berkembang pada kandung kemih Anda. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan lagi adalah Anda diharuskan buang air kecil setelah Anda melakukan hubungan intim dengan pasangan Anda, ini dilakukan dengan tujuan agar mengurangi resiko bakteri yang masuk lebih dalam menuju saluran kencing.

 

  1. Meminum jus cranberry

Jus cranberry mempunyai kandungan fruktosa dan monosaccharide yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu Anda juga dapat meminum atau mengkonsumsi D-Mannose yang merupakan sejenis gula atau glukosa yang dapat Anda peroleh dari buah berry, apel dan persik. Pengobatan infeksi saluran kemih menggunakan jus cranberry ditemukan pada tahun 1920.

 

  1. Mengkonsumsi vitamin C

Bagi Anda penderita penyakit infeksi saluran kemih memang sangat dianjurkan agar tidak mengkonsumsi buah jeruk, untuk itu Anda dapat mencari sumber vitamin C pada buah-buahan yang berwarna hijau seperti tomat dan lain-lainnya. Mengkonsumsi vitamin C akan membuat urin Anda asam sehingga dapat membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih.

 

  1. Menggunakan kompres panas

Untuk meringankan rasa perih atau sakit pada area kandung kemih, Anda dapat mengompresnya menggunakan bantal kompres yang banyak ditemukan pada toko-toko yang menjual alat-alat kesehatan. Adapun cara penggunaannya adalah dengan menggunakan kain pemisah sebelum Anda mengaplikasikannya langsung ke kulit.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dirumah sebagai obat infeksi saluran kemih yang alami. Diharapkan dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, infeksi saluran kemih yang Anda rasakan dapat segera hilang, sehingga tidak memerlukan pengobatan medis yang mempunyai efek samping. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai obat infeksi saluran kemih, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami. Anda cukup mengklik tombol konsultasi di bawah ini untuk melakukan konsultasi secara online.