penyebab anyang-anyangan

Pernahkah Anda mendengar anyang-anyangan? Jika pernah, maka Anda harus mengetahui secara mendetail mengenai apa itu anyang-anyangan serta apa saja yang menjadi penyebab anyang-anyangan.

Dalam istilah kedokteran, tidak ada istilah anyang-anyangan, namun dikenal dengan sebutan infeksi saluran kemih. Anyang-anyangan adalah perasaan ingin buang air kecil, namun saat Anda buang air kecil, air seni yang keluar hanya sedikit.

Selain itu, saat Anda sedang buang air kecil, Anda akan mengalami rasa sakit atau nyeri pada saluran kemih. Padahal bagi orang yang normal, ketika buang air kecil tidak akan mengalami rasa sakit. Orang yang mengalami penyakit batu ginjal juga akan mengalami rasa sakit yang hampir sama dengan penderita penyakit anyang-anyangan.

Jika mengalami anyang-anyangan selama tiga hari dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan sembuh, disarankan bagi Anda untuk segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter, sebab hal itu dapat menjadi pertanda bahwa telah tubuh Anda telah terinfeksi penyakit yang sangat serius.

 

Penyebab Anyang-anyangan

Saat ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui penyebab anyang-anyangan, sebab tanpa mereka sadari, penyakit anyang-anyangan datang dengan sendirinya. Padahal sebelumnya telah terjadi gejala-gejala yang tanpa disadari oleh masyarakat bahwa hal itu merupakan gejala penyakit anyang-anyangan.

Gejala penyakit anyang-anyangan yang biasanya timbul seperti selalu buang air kecil, munculnya rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil, serta volume urin yang dikeluarkan sangat sedikit.

Berikut ini merupakan penyebab anyang-anyangan yang perlu Anda ketahui:

  1. Kuman

Salah satu penyebab seseorang mengalami anyang-anyangan adalah kuman, sebab kuman yang masuk pada saluran kemih dapat menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan. Oleh karena itu jagalah selalu kebersihan saat Anda buang air kecil atau saat Anda ke kamar mandi.

 

  1. Chlamydia

Bakteri yang menjadi salah satu penyebab terjadinya anyang-anyangan adalah bakteri chlamydia. Pada umumnya bakteri chlamydia menyerang para wanita sehingga menyebabkan terjadinya penyakit keputihan.

 

  1. Alergi

Faktor alergi juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit anyang-anyangan. namun, faktor alergi yang paling banyak disebabkan oleh cairan atau lendir pada vagina saat melakukan hubungan seks. Oleh karena itu selalu lakukan pengecekan alergi terhadap keputihan yang Anda alami kepada dokter langganan Anda, sebab hal ini penting agar aktifitas seksual Anda bersama pasangan tidak terganggu.

 

  1. Gangguan prostat

Salah satu penyebab terjadinya penyakit anyang-anyangan adalah karena terganggunya fungsi prostat.

 

  1. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang juga menjadi penyebab seseorang terkena anyang-anyangan. Pada penderita penyakit diabetes mellitus akibat reaksi dari penyakit diabetes mellitus akan mengalami penyakit anyang-anyangan. Hal ini dikarenakan seseorang yang sudah terkena penyakit diabetes akan selalu merasakan perasaan ingin buang air kecil, namun ternyata yang dikeluarkan hanya sedikit dan terasa rasa sakit serta nyeri. Selain penderita penyakit diabetes mellitus, penderita penyakit asam urat dan tekanan darah tinggi juga dapat terkena penyakit ini.

 

  1. Dehidrasi

Salah satu penyebab terjadinya penyakit anyang-anyangan adalah dehidrasi, hal ini terjadi sebab ketika seseorang sedang mengalami dehidrasi, maka tubuhnya akan memproduksi sedikit urine yang menyebabkan dirinya sulit untuk buang air kecil. Seseorang yang mengalami dehidrasi sebenarnya mempunyai keinginan untuk selalu buang air kecil, namun volume yang dikeluarkan hanya sedikit. Jika hal ini dibiarkan saja tanpa diberikan penanganan yang baik, maka akan menjadikan seseorang tersebut terkena penyakit anyang-anyangan.

 

  1. Kehamilan

Wanita hamil yang sedang memasuki usia kandungan tahap akhir atau hamil tua, biasanya akan mengalami anyang-anyangan. Hal ini karena kandungan yang telah membesar mulai menekan kantung kemih, sehingga kantung kemih yang tertekan justru akan membuat wanita ingin selalu buang air kecil, meskipun urin yang terdapat di dalamnya sangat sedikit.

 

  1. Batu ginjal

Penyebab utama anyang-anyangan yang sering ditemukan adalah batu ginjal. Hal ini karena saluran kemih tertekan oleh batu ginjal sehingga menyebabkan rasa ingin buang air kecil secara terus menerus namun tidak dapat dikeluarkan karena batu ginjal menyumbat saluran ureter.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab anyang-anyangan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.