Penyakit anyang-anyangan atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan nama infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktifitas kehidupan kita sehari-hari. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan anyang-anyangan?

Anyang-anyangan merupakan salah satu dari berbagai macam gangguan kesehatan pada sistem saluran kemih, yaitu sebuah kondisi dimana Anda selalu ingin buang air kecil, namun volume urine yang dikeluarkan sedikit dan disertai dengan rasa nyeri. Anyang-anyangan merupakan penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang sering terjadi kepada pria maupun wanita. Namun banyak kasus yang melaporkan bahwa wanita merupakan penderita terbanyak penyakit ini.

Penyebab anyang-anyangan

Terdapat beberapa penyebab anyang-anyangan yang perlu Anda ketahui, antara lain yaitu:

Dehidrasi

Dehidrasi yang berlebihan dapat memicu terjadinya anyang-anyangan. Hal ini biasanya terjadi pada saat Anda pulang dari tempat yang sangat panas, sehingga menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Infeksi

Anyang-anyangan juga dapat terjadi akibat infeksi pada saluran kemih, gangguan prostat atau munculnya gejala penyakit kelamin. Anyang-anyangan sering disamakan dengan penyakit infeksi saluran kemih, padahal dalam kenyataannya berbeda. Jika menderita penyakit anyang-anyangan, pada umumnya memerlukan waktu sekitar satu jam hingga satu hari untuk durasi penyakitnya, dan akan segera sembuh pada keesokan harinya.

Sedangkan jika Anda terkena penyakit infeksi saluran kemih, maka Anda akan mengalami durasi waktu penyakit yang lama bahkan berhari-hari tidak sembuh. Jika gejala tersebut berlangsung lama, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter sebelum semakin parah.

Cara menghilangkan anyang-anyangan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan penyakit anyang-anyangan secara alami, antara lain yaitu:

• Minum banyak air putih

Air putih mempunyai khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita, sehingga jika kita kekurangan air putih, maka akan banyak sekali bahaya yang kita dapatkan akibar dari kurang minum air putih. Salah satu bahaya yang timbul jika Anda kekurangan air putih adalah dehidrasi. Dehidrasi tidak boleh dianggap remeh, sebab akan membuat semua organ tubuh menjadi tidak dapat bekerja secara maksimal. Seseorang yang mengalami dehidrasi akan mengalami pengentalan darah, terutama bagi wanita yang sedang hamil. Jika ibu hamil sampai mengalami dehidrasi maka akan menyebabkan asupan darah ke janin menjadi terganggu, sebab darah tidak mampu mengalir di pembuluh darah, sehingga akhirnya bayi akan meninggal dalam kandungan karena kurangnya oksigen dan kurangnya asupan darah di dalam tubuhnya.

• Daun kumis kucing

Cara menghilangkan penyakit anyang-anyangan lainnya adalah dengan menggunakan daun kumis kucing. Pernahkah Anda mendengar daun kumis kucing? Ternyata daun kumis kucing dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan penyakit anyang-anyangan. Namun, banyak yang tidak mengetahui hal ini. Cara mengobati penyakit anyang-anyangan menggunakan daun kumis kucing adalah dengan cara merebus daun kumis kucing yang sudah dikeringkan sebelumnya, lalu di seduh menggunakan air panas, namun jangan lupa untuk menambahkan gula jawa sesuai selera Anda. Untuk mendapatkan hasil yang optimal minumlah ramuan dari daun kumis kucing tersebut secara rutin minimal dua kali dalam sehari.

• Minum jeruk nipis dan gula pasir

Cara menghilangkan anyang-anyangan yang efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Sudah sejak jaman dahulu jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti untuk obat batuk dan lain-lain. Namun Anda juga harus mengetahui bahwa orang yang telah mengalami maag akut disarankan untuk tidak mengkonsumsi jeruk nipis. Cara menghilangkan anyang-anyangan menggunakan jeruk nipis adalah dengan meminum air perasan jeruk nipis yang telah diberikan setengah sendok teh gula pasir sebelumnya. Air perasan tersebut diminum sebanyak dua kali dalam sehari yaitu di waktu pagi dan sore hari.

Itulah beberapa cara menghilangkan anyang-anyangan secara alami yang dapat Anda lakukan sehingga dapat menghilangkan penyakit anyang-anyangan yang Anda derita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin mengetahui informasi ini lebih jelas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini,