penyebab herpes kulit

Pernahkah pada kulit Anda muncul bintik-bintik berwarna merah seperti gigitan nyamuk yang apabila digaruk atau diusap dengan kasar akan mengeluarkan cairan berwarna kuning yang disertai dengan demam? Jika Anda mengalami hal tersebut, berarti besar kemungkinan Anda terkena penyakit herpes kulit atau herpes zoster. Lalu sebenarnya apa sih penyebab herpes kulit atau herpes zoster itu?

Sebelum Anda mengetahui penyebab herpes kulit, Anda harus mengenal terlebih dahulu mengenai penyakit herpes. Penyakit herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes. Virus herpes dikenal dalam dunia kedokteran dengan nama Human Herpes Virus, atau dapat disingkat HHV. Virus herpes mempunyai jenis-jenis atau tipe yang cukup banyak yaitu mulai dari HHV-1 hingga HHV-8, dimana setiap jenis atau tipe dari virus herpes tersebut mempunyai dampak yang berbeda-beda pada setiap tubuh manusia.

Meskipun virus herpes mempunyai jenis atau tipe yang berbeda-beda, namun pada umumnya penyakit herpes terbagi menjadi dua bagian yaitu herpes simpleks dan herpes genitalis.

Herpes simpleks yaitu salah satu jenis penyakit herpes yang menyerang bagian mulut, kulit maupun alat kelamin Anda. Virus ini akan mengakibatkan kulit melepuh serta timbulnya rasa sakit pada otot-otot disekitar wilayah yang terserang penyakit tersebut. untuk menyembuhkan penyakit ini, rata-rata membutuhkan waktu yang cukup lama untuk masa penyembuhannya.

Herpes genitalis, merupakan salah satu jenis herpes yang berbahaya dan tergolong ke dalam penyakit menular seksual. Penyakit herpes jenis ini biasanya menyerang pada bagian alat kelamin, sebab cara penularan penyakit ini yaitu dengan melalui hubungan seksual.

Penyebab Herpes Kulit

Herpes kulit merupakan penyakit pada bagian kulit yang disebabkan oleh virus HSV-1 atau virus herpes simpleks. Munculnya penyakit herpes kulit ini ditandai dengan adanya bintik-bintik pada bagian kulit sekitar tangan, badan maupun kaki. Virus HSV-1 atau virus herpes simpleks yang merupakan penyebab herpes kulit, biasanya akan menyerang pada bagian kulit yang sensitif pada tubuh manusia, sehingga mengakibatkan rasa panas dan perih yang luar biasa.

Gejala Penyakit Herpes Kulit

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit herpes kulit atau herpes zoster ini, Anda dapat mengetahuinya melalui berbagai macam ciri-ciri atau gejala-gejala yang biasanya timbul pada penyakit ini. Antara lain yaitu:

  • Setelah Anda mengalami demam/ panas pada tubuh Anda, biasanya gejala-gejala seperti munculnya bintik-bintik berwarna merah akan muncul pada hari ke delapan setelah Anda mengalami panas.
  • Terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening
  • Sering terjadinya kesemutan pada area tubuh yang terserang penyakit herpes zoster
  • Munculnya bintik merah atau lepuhan yang disertai dengan cairan berwarna kuning seperti nanah
  • Gejala herpes kulit ini masih dikatakan cukup ringan dan biasanya akan mengalami penyembuhan dalam waktu 7 hingga 10 hari lamanya, jika disertai dengan pengobatan efektif.

Cara Mencegah Herpes Kulit

Terdapat beberapa cara pencegahan dengan langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit herpes kulit ini, antara lain yaitu:

  • Menghindari berhubungan intim dengan pasangan Anda yang sudah positif terinfeksi herpes kulit
  • Selalu bersikap terbuka dengan pasangan Anda mengenai penyakit yang Anda derita sebelum melakukan hubungan intim
  • Selalu menjaga kebersihan dalam melakukan hubungan intim dan dilakukan dengan normal
  • Selalu mengenakan pakaian yang longgar serta berbahan lembut seperti katun
  • Selalu menutup ruam yang terlihat agar tetap bersih dan kering agar mengurangi resiko terjadinya iritasi dan infeksi
  • Hindari menggunakan plester atau bahan perekat apapun agar tidak menambah iritasi yang terjadi
  • Jika ruam terasa gatal, gunakanlah lotion kalamin untuk mengatasi rasa gatal
  • Hindari pemakaian antibiotik oles, sebab hanya memperlambat proses penyembuhan
  • Ketika terjadi luka yang melepuh mengeluarkan cairan, bersihkan dengan cara mengompresnya menggunakan air dingin
  • Sebisa mungkin hindari meminjam barang-barang pribadi seperti handuk atau pakaian untuk menghindari penyebaran penyakit ini.

Itulah informasi mengenai beberapa hal penyebab herpes kulit serta beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi penyebaran virus herpes kulit ini. jika Anda ingin mengetahui secara lebih jelas mengenai informasi ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter spesialis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.