cara mengatasi anyang-anyangan

Infeksi saluran kemih atau masyarakat lebih mengenal dengan sebutan penyakit anyang-anyangan, adalah penyakit yang menyebalkan dan mengganggu aktifitas kehidupan kita. Selain itu penyakit anyang-anyangan bagi seorang karyawan akang sangat mengganggu produktivitas dalam bekerja. Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi anyang-anyangan.

Terdapat berbagai macam gangguan kesehatan yang biasanya terjadi pada sistem saluran kemih, salah satunya adalah infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan, yaitu suatu kondisi dimana Anda mempunyai keinginan untuk selalu buang air kecil, akan tetapi saat dikeluarkan ternyata volume urine yang keluar hanya sedikit dan disertai dengan rasa nyeri. Penyakit anyang-anyangan ini dapat terjadi pada semua kalangan baik pria maupun wanita, namun dari banyaknya kasus yang ditemukan, ternyata jumlah kasus anyang-anyangan yang melibatkan wanita cukup besar jumlahnya, apabila dibandingkan dengan kaum pria.

Penyebab anyang-anyangan

Dehidrasi dan infeksi merupakan dua faktor penyebab yang memicu terjadinya penyakit anyang-anyangan.

Dehidrasi

Ketika Anda pulang dari tempat yang sangat panas, maka tubuh Anda akan merasa sangat haus. Hal itu pertanda bahwa Anda kekurangan cairan atau yang biasa disebut dengan dehidrasi. Jika hal ini terjadi dan dibiarkan begitu saja, maka akan menjadi pemicu terjadinya penyakit anyang-anyangan.

Infeksi

Selain dehidrasi, penyakit anyang-anyangan juga dapat terjadi akibat dari gangguan prostat, munculnya gejala penyakit kelamin, atau akibat terjadinya infeksi saluran kemih. Masyarakat menganggap bahwa penyakit anyang-anyangan itu sama dengan penyakit infeksi saluran kemih, padahal keduanya sangat berbeda, khususnya pada durasi waktu serta proses penyembuhan penyakitnya.

Pada penyakit anyang-anyangan, biasanya memerlukan waktu sekitar satu jam hingga satu hari untuk durasi serta proses penyembuhannya. Sedangkan infeksi saluran kemih, membutuhkan durasi waktu yang cukup lama bahkan berhari-hari untuk durasi waktu hingga proses penyembuhannya, atau bahkan dapat berlangsung sangat lama. Jika infeksi saluran kemih berlangsung lama, maka segera periksakan diri Anda ke dokter langganan Anda sebelum penyakitnya semakin parah.

Cara mengatasi anyang-anyangan

Cara mengatasi anyang-anyangan secara alami dan mudah, dapat Anda lakukan dengan mudah. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan yaitu:

• Minum banyak air putih

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari air putih, sebab air sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Jika sampai kita kekurangan air putih, maka banyak sekali bahaya yang akan kita dapatkan, mulai dari berbagai macam penyakit hingga gangguan organ dalam tubuh kita. Dehidrasi merupakan salah satu bahaya yang timbul jika Anda kurang mengkonsumsi air putih. Dehidrasi sama sekali tidak boleh dianggap remeh, sebab jika Anda menganggap remeh dehidrasi, maka akan membuat semua organ tubuh menjadi tidak dapat bekerja secara maksimal. Orang yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan terjadinya pengentalan darah, sehingga akan sangat berbahaya bagi kesehatan khususnya bagi wanita yang sedang hamil. Jika wanita hamil sampai mengalami dehidrasi maka asupan darah ke janin akan terganggu, sebab darah tidak mampu mengalir pada pembuluh darah karena terlalu kental. Jika hal ini dibiarkan maka janin akan mati dan meninggal di dalam kandungan karena kurangnya oksigen dan asupan darah pada tubuhnya.

• Daun kumis kucing

Cara mengatasi anyang-anyangan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun kumis kucing. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa daun kumis kucing ternyata dapat mengobati anyang-anyangan. Cara mengobati anyang-anyangan menggunakan daun kumis kucing adalah dengan merebus daun kumis kucing yang telah dikeringkan, kemudian air rebusan tersebut diseduh menggunakan air panas, namun sebelumnya campurkan dengan gula jawa sesuai dengan selera Anda.

Minumlah air rebusan daun kumis kucing tersebut minimal dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

• Minum jeruk nipis dan gula pasir

Cara mengobati anyang-anyangan dengan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis yang dicampurkan dengan gula pasir. Jeruk nipis sudah sejak dahulu sangat dipercaya oleh masyarakat sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti obat batuk dan lain-lainnya. Namun disarankan bagi yang menderita maag akut agar jangan mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan.

Adapun cara mengobati anyang-anyangan menggunakan jeruk nipis yang dicampur dengan gula pasir adalah dengan menyeduh air perasan jeruk nipis tersebut dan diminum minimal dua kali dalam sehari di waktu pagi dan sore hari.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi anyang-anyangan secara alami tanpa menimbulkan efek samping serta bagus untuk kesehatan. Jika Anda ingin mengetahui cara mengatasi anyang-anyangan secara lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.