obat anyang-anyangan, obat anyang-anyangan pada wanita, anyang-anyangan pada wanita, obat anyang-anyangan pada pria

Tahukah Anda apa itu anyang-anyangan? Pernahkah Anda mengalami anyang-anyangan? Lalu adakah obat anyang-anyangan pada wanita dan obat anyang-anyangan pada pria?

Sebelum Anda mengetahui apa saja obat anyang-anyangan pada wanita dan pria, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyakit anyang-anyangan. Penyakit anyang-anyangan merupakan sebuah gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem saluran kemih, gangguan kesehatannya berupa perasaan ingin selalu buang air kecil, akan tetapi volume urine yang dikeluarkan hanya sedikit, bahkan terkadang disertai dengan rasa nyeri.

Penyakit ini seringkali dikaitkan dengan infeksi saluran kemih, sebab gejala-gejala yang muncul hampir sama dengan infeksi saluran kemih. Penderita penyakit ini kebanyakan dialami oleh para wanita. Hal ini terjadi karena wanita kurang memahami prosedur dalam membersihkan kemaluannya setelah buang air kecil, serta kurang bisa menjaga kebersihan organ vitalnya. Adapun cara membersihkan atau membilas kemaluan setelah buang air kecil yang benar adalah dengan membilas kemaluan dari depan ke belakang, hal ini agar mengurangi potensi bakteri dan kuman yang berasal dari usus besar atau anus masuk ke dalam vagina.

Mengobati anyang-anyangan

Terdapat beberapa obat-obatan yang dipercaya mampu untuk mengobati anyang-anyangan, baik itu obat-obatan medis maupun obat-obatan alami yang telah lebih dulu dikenal di masyarakat. Berikut ini adalah obat-obatan medis yang biasanya diberikan oleh dokter untuk mengobati penyakit anyang-anyangan.

• Antibiotik

Untuk mengobati anyang-anyangan, Anda dapat mengkonsumsi antibiotik, sebab antibiotik berguna untuk membunuh kuman atau virus penyebab penyakit anyang-anyangan. Antibiotik sendiri sangat beragam jenisnya serta mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Namun untuk pengkonsumsian antibiotik ini Anda harus menyesuaikannya dengan resep dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. Selain itu pengkonsumsian antibiotik harus sampai habis, sebab jika tidak dihabiskan kuman dan bakteri penyebab anyang-anyangan akan kebal sehingga tidak dapat diatasi dengan menggunakan antibiotik kembali.

• Acetaminophen

Acetaminophen atau yang lebih dikenal dengan sebutan paracetamol adalah obat medis yang banyak diresepkan oleh dokter untuk mengatasi berbagai macam masalah yang diakibatkan oleh bakteri dan virus. Paracetamol atau acetaminophen bukan hanya sebagai obat penghilang demam, namun juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti sariawan, cacar air dan penyakit lainnya. Obat ini tergolong obat analgesik yang berfungsi sebagai pereda nyeri ringan seperti sakit kepala, sariawan dan nyeri akibat penyakit lainnya.

• Ibuprofen

Obat medis lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati anyang-anyangan adalah ibuprofen. Obat ini berfungsi sebagai pereda nyeri dan pereda demam sehingga mirip dengan fungsi dari obat parasetamol. Namun perbedaan ibuprofen dan parasetamol adalah, parasetamol tidak mempunyai fungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan, berbeda dengan ibuprofen yang mempunyai sifat anti peradangan. Namun parasetamol lebih aman dikonsumsi untuk wanita hamil dibandingkan dengan ibuprofen, selain itu parasetamol mempunyai efek samping yang lebih ringan jika dibandingkan dengan ibuprofen.

• Azo standard

Azo standard merupakan obat yang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter yang dapat Anda gunakan untuk meredakan nyeri ketika mengalami anyang-anyangan. Namun, obat ini mempunyai efek samping yatu dapat mengubah urine menjadi berwarna oranye kekuningan. Oleh karena itu jika Anda mendapati urine yang Anda keluarkan berubah warna, Anda tidak perlu khawatir dan takut. Sebelum Anda mengkonsumsi obat ini, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Selalu konsultasikan kepada dokter dan tanyakan apakah Anda diperbolehkan mengkonsumsi obat ini, jika Anda merupakan penderita anyang-anyangan serta belum pernah melakukan tes urine, sebaiknya segera konsultasikan hal ini kepada dokter.
  2. Selain bersifat oral, ternyata azo juga tersedia dalam bentuk strip yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengetesan serta Anda dapat segera mengetahui hasilnya apakah Anda mengalami Infeksi Saluran Kemih atau tidak. Meskipun cara seperti ini tidak akan sempurna. Untuk menyempurnakannya, ada baiknya Anda melakukan tes di rumah sakit atau laboratorium.

Itulah beberapa obat medis yang dapat Anda gunakan sebagai obat anyang-anyangan pada pria dan wanita. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jika Anda ingin mengetahui obat anyang-anyangan pada wanita dan obat anyang-anyangan pada pria, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami, melalui tombol konsultasi di bawah ini.