cara mengobati anyang anyangan, mengobati anyang anyangan

Penyakit anyang-anyangan merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat dari gangguan saluran kemih, timbulnya rasa ingin buang air kecil secara terus menerus padahal urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Lalu adakah cara mengobati anyang-anyangan yang alami tanpa efek samping?

Bagi penderita penyakit anyang-anyangan, kondisi tersebut sangatlah mengganggu terutama untuk aktifitas atau kegiatan Anda sehari-hari. Ada beberapa cara mengobati anyang-anyangan dengan cara yang alami dan tentu saja tanpa menimbulkan efek samping di kemudian hari. Namun sebelum Anda mengetahui cara mengobati anyang-anyangan tersebut, tentunya Anda harus mengetahui penyebab dari penyakit anyang-anyangan tersebut.

Seseorang dapat terserang penyakit anyang-anyangan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain yaitu:

  • Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit anyang-anyangan. Dehidrasi merupakan suatu kondisi dimana tubuh kita kekurangan cairan sehingga menyebabkan rasa haus yang amat sangat. Jika dehidrasi tidak langsung diatasi maka akan sangat berakibat fatal bagi organ-organ tubuh kita karena tidak mampu bekerja dengan optimal.

  • Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit tertentu juga dapat menjadi penyebab penyakit anyang-anyangan, seperti infeksi saluran kemih, gangguan prostat dan penyakit lainnya.

Apabila penyebab penyakit anyang-anyangan akibat dari dehidrasi, maka penyakit ini tidak akan berlangsung lama, penyakit ini hanya akan berlangsung selama beberapa jam saja atau paling lama terjadi selama satu hari. Akan tetapi, apabila penyakit anyang-anyangan terjadi karena penyakit, maka gejala akan berlangsung selama beberapa hari atau bahkan terjadi selama beberapa minggu. Oleh karena itu jika Anda mengalami penyakit anyang-anyangan akibat dari penyakit tertentu, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam.

Cara Mengobati Anyang-anyangan

Untuk mengobati penyakit anyang-anyangan Anda dapat menggunakan cara alami yang mudah dan dapat dilakukan di rumah Anda, seperti:

  1. Buah sirsak

Ternyata buah sirsak dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan. Adapun caranya yaitu dengan meminum air rebusan buah sirsak yang telah dikupas sebelumnya dengan ditambahkan sedikit gula sebagai pemberi rasa.

  1. Jeruk nipis dan gula pasir

Jeruk nipis sudah sangat dikenal oleh sebagian masyarakat sebagai buah herbal yang dapat mengobati berbagai penyakit seperti panas dalam, sariawan dan lain-lain. Namun ternyata jeruk nipis juga mampu mengatasi penyakit anyang-anyangan dengan cepat, yaitu dengan cara meminum ½ gelas air perasan jeruk nipis yang telah dicampurkan dengan gula pasir dan air hangat secara teratur.

 

  1. Memperbanyak minum air putih

Jika Anda mengalami anyang-anyangan akibat dehidrasi, maka langkah sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih hingga perut kenyang.

 

  1. Daun kumis kucing

Daun ini ternyata sangat efektif untuk mengobati anyang-anyangan, caranya yaitu siapkan 30 gram tanaman kumis kucing, lalu tambahkan 30 gram daun meniran, setelah itu rebus keduanya secara bersamaan dengan 600 cc air. Namun sebelumnya jangan lupa untuk mencuci kedua tanaman tersebut. Setelah air rebusan telah menyusut separuhnya, lalu saringlah dan minum air rebusan tersebut selagi hangat.

  1. Alang-alang

Tanaman ini merupakan tanaman yang dapat Anda temukan dengan mudah. Caranya yaitu dengan menyediakan 60 gram alang-alang segar, 2 buah kulit semangka yang masih segar, serta 60 gram rambut jagung. Cucilah semua bahan-bahan tersebut, kemudian rebuslah semua bahan-bahan tersebut dengan air sebanyak 400 cc, setelah itu tunggu hingga air rebusan berkurang setengahnya, lalu minumlah air tersebut sebanyak dua kali dalam sehari secara rutin dan teratur.

 

  1. Daun keji keling

Daun keji keling merupakan obat alternatif yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit anyang-anyangan. Cara membuatnya yaitu dengan mengambil daun biji keling dan daun belimbing manis, ambil masing-masing daun tersebut sebanyak 30 gram dan masih dalam kondisi segar. Setelah dicuci, rebuslah kedua bahan ini dengan menggunakan 600 cc air, tunggu hingga menyisakan air separuhnya atau 300 cc, lalu minumlah air rebusan tersebut secara rutin dan teratur.

 

  1. Daun semanggi

Daun semanggi adalah obat alami yang dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai obat untuk mengatasi anyang-anyangan. Untuk membuatnya cukup mudah, Anda cukup menyediakan daun semanggi, daun sawi segar, dan gula pasir sebanyak 30 gram. Cucilah bahan-bahan tersebut, lalu rebus dengan 600 cc air, dan tunggu hingga menyisakan air sebanyak 300 cc. Kemudian minumlah air rebusan tersebut secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

  1. Daun alpukat

Daun alpukat efektif untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan. Cukup mudah untuk membuat obat menggunakan daun alpukat, yaitu dengan mengambil 7 lembar daun alpukat dan segenggam daun cocor bebek, lalu rebus keduanya menggunakan air sebanyak 700 cc, lalu tunggu hingga air rebusan menyusut setengahnya. Kemudian minumlah air rebusan tersebut pagi dan sore hari secara teratur.

 

  1. Pijat refleksi

Cara cepat yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit anyang-anyangan adalah dengan melakukan pijat refleksi. Cara tradisional ini hanya dapat dilakukan oleh seorang ahli refleksiologi yang dipercaya mampu untuk memperbaiki saraf-saraf yang terdapat di kandung kemih.

Itulah informasi mengenai cara mengobati anyang-anyangan secara alami, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai cara mengobati anyang-anyangan, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.