penyebab infeksi saluran kencing

Pernahkah Anda mengalami keadaan dimana Anda mempunyai keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus, akan tetapi urine yang dikeluarkan hanya sedikit? Jika Anda pernah mengalami hal itu, maka Anda mengalami Infeksi saluran kencing. Lalu sebenarnya apa sih penyebab infeksi saluran kencing?

Infeksi saluran kencing (ISK) merupakan kondisi dimana organ-organ yang termasuk ke dalam sistem saluran kemih seperti ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra, mengalami infeksi. Infeksi saluran kencing dapat terjadi kepada siapa pun, namun kebanyakan dari penderita penyakit ini adalah wanita. Hal itu dikarenakan wanita mempunyai saluran uretra yang lebih pendek, sehingga sangat beresiko terserang penyakit ini.

Infeksi saluran kencing berdasarkan gejalanya terbagi menjadi dua, yaitu Infeksi saluran kencing bagian bawah dan infeksi saluran kencing bagian atas.

Ketika Anda mengalami infeksi saluran kencing bagian bawah, maka infeksi terjadi pada uretra dan kandung kemih. Adapun gejala yang ditimbulkan antara lain yaitu rasa ingin buang air kecil, timbulnya rasa nyeri atau perih saat buang air kecil, urine yang berwarna keruh, serta urine yang berbau tidak sedap.

Adapun infeksi saluran kencing bagian atas, maka infeksi terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala yang biasanya timbul akibat infeksi saluran kencing bagian atas antara lain yaitu munculnya rasa nyeri pada bagian selangkangan, demam, dan mual.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Ada berbagai macam faktor yang dapat menjadi pemicu infeksi saluran kencing. Namun dari berbagai kasus yang ditemukan terdapat penyebab utama infeksi saluran kencing, yaitu bakteri E.colli. Bakteri ini biasanya hidup pada sistem pencernaan atau saluran pencernaan yang berada di dalam usus besar.

Kemungkinan besar bakteri ini masuk ke dalam uretra akibar dari kurang baiknya seseorang dalam membersihkan anus sehingga menyentuh organ kelamin yang menyebabkan bakteri masuk ke dalam saluran kencing.

Selain bakteri E.colli, ada beberapa kasus yang melaporkan bahwa penyebab infeksi saluran kencing adalah iritasi yang disebabkan karena hubungan seksual, serta akibat terganggunya kinerja pengosongan urine yang disebabkan kondisi tertentu. Hal ini dikarenakan urine yang terlalu lama tertampung di dalam kandung kemih dapat memberikan peluang untuk bakteri terus berkembang biak.

Penderita Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali, namun ada beberapa kelompok orang yang dinilai dapat beresiko terserang penyakit ini, antara lain yaitu:

• Penderita batu ginjal dan pria dengan penyakit pembengkakan kelenjar prostat
  • Pemakai kateter atau alat bantu kencing
  • Lahir dalam keadaan mempunyai kelainan pada struktur kemih
  • Wanita yang telah menopause
  • Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi diafragma
  • Wanita dengan pasangan yang menggunakan kondom berlapis spermisida
  • Wanita yang sedang hamil
  • Seseorang yang baru saja melakukan prosedur operasi pada saluran kencingnya
  • Penderita diabetes
  • Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh rendah

Cara mendiagnosa ISK

Terdapat beberapa cara untuk mendiagnosa penyakit infeksi saluran kencing selain dengan memeriksa riwayat kesehatan pasien, dan menanyakan gejala-gejala apa saja yang dirasakan. Cara-cara untuk mendiagnosa atau mengetahui infeksi saluran kencing yaitu dengan melakukan tes urine dan tes darah, selain itu dapat juga dengan melakukan pemeriksaan menggunakan CT scan, sistoskopi, dan USG.

Cara mengobati ISK

Untuk mengobati penyakit ISK, Anda dapat menggunakan obat-obatan antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter Anda. Selain obat-obatan tersebut, Anda juga dapat menggunakan obat pereda nyeri seperti parasetamol untuk meredakan demam atau rasa sakit yang dirasakan.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya penyakit ISK merupakan penyakit yang tergolong ringan dan akan sembuh selama beberapa hari setelah dilakukannya pengobatan. Namun jika penyakit ini telah parah, maka kemungkinan dokter akan menyarankan agar si penderita di rawat inap di rumah sakit.

Itulah informasi mengenai penyebab infeksi saluran kencing serta beberapa obat-obatan yang kemungkinan dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini. Jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai penyebab infeksi saluran kencing dengan lebih jelas, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.