Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulti yang mudah menular. Penyakit ini mempunyai karakter unik dan bandel, yaitu akan timbul kembali setelah diobati dalam jangka waktu yang tidak menentu. Lalu apa obat penyakit herpes?

Sebelum Anda mengetahui apa obat penyakit herpes, Anda perlu mengetahui mengenai penyakit herpes. Berdasarkan penelitian, penyakit herpes merupakan penyakit yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri meskipun memerlukan waktu yang tidak menentu untuk dapat sembuh dari penyakit ini.

Penyakit herpes terbagi menjadi dua jenis, yaitu herpes zoster dan herpes simplex virus.

• Herpes zoster, adalah infeksi yang terjadi pada kulit karena disebabkan oleh virus Varicella zoster. Virus ini merupakan virus penyebab terjadinya cacar air. Virus ini biasanya menetap dan berdiam diri pada sel saraf, dan akan berubah menjadi lebih aktif saat diberikan rangsangan, yaitu ketika daya tahan tubuh melemah akibat dari stress.
    Gejala yang biasanya muncul yaitu adanya ruam yang terasa gatal dan nyeri, akan tetapi setelah diberikan pengobatan rasa gatal dan nyeri itu akan segera hilang, namun masih tetap akan terasa sakit selama beberapa bulan dan bahkan selama bertahun-tahun. Sebagian masyarakat menyebut penyakit ini dengan penyakit cacar ular atau cacar api.
  • Herpes simplex virus, penyakit herpes jenis ini terbagi menjadi dua macam, yaitu HSV-1 dan HSV-2. Kedua jenis virus ini mempunyai karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Pada HSV-1, biasanya menginfeksi bagian bibir sehingga menyebabkan luka. Sedangkan pada HSV-2, akan menyerang kelamin dan bibir, selain itu, virus HSV-2 juga termasuk virus yang sangat menular dan berbahaya jika Anda mengalami kontak secara langsung atau terkena air liur si penderita.

Obat penyakit herpes

Untuk mengobati penyakit herpes dapat dilakukan dengan cara tradisional maupun dengan cara mengkonsumsi obat resep dokter atau menggunakan salep. Penggunaan obat dapat membantu untuk mengurangi parahnya luka yang terjadi akibat penyakit herpes, sekaligus dapat mencegah penyakit ini kambuh. Namun, hingga sekarang belum ditemukan satu obat pun yang mampu mengobati penyakit herpes secara total.

Adapun obat yang diberikan oleh dokter tentunya akan berbeda, hal ini tergantung dari tipe virus yang menyerang serta anti virus yang dipakai untuk dapat mengobati penyakit herpes. Biasanya anti virus yang dipakai untuk mengobati penyakit herpes adalah asiklovir yang dapat berbentuk tablet atau obat oles (salep) serta tersedia dalam bentuk tetes mata.

Selain itu, para penderita herpes sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi obat herpes tersebut, baik dalam bentuk tablet, salep ataupun obat tetes mata meskipun penyakit herpes telah sembuh. Hal ini bertujuan agar penyakit herpes tidak kambuh dan muncul kembali.

Virus penyakit herpes, ternyata dapat menyebabkan terjadinya cold sores yaitu munculnya rasa sakit pada bagian bibir yang selanjutnya disertai dengan munculnya rasa sakit pada tenggorokan yang disertai dengan demam.

Virus ini akan semakin meluas dan melakukan penyebarannya melalui kontak langsung ataupun tidak langsung dengan para penderita. Penyakit ini pun dapat bertahan lama di dalam tubuh seseorang, maka sangat disarankan untuk Anda agar selalu menjaga kesehatan kulit Anda agar tidak tertular penyakit ini.

Selain melakukan pengobatan, Anda juga diharapkan dapat melakukan tindakan perawatan untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda, yaitu dengan banyak mengkonsumsi vitamin C, Vitamin E, vitamin B12.

Cara mengobati herpes zoster

Untuk mengobati herpes zoster, Anda dapat melakukannya dengan tiga hal, yaitu melakukan pengobatan infeksi virus akut, melakukan pengobatan terhadap rasa sakit akut, serta pencegahan neuralgia pascaherpes.

Anda juga harus mengetahui bahwa pemakaian agen antiviral dalam waktu lebih kurang 72 jam setelah munculnya ruam akan dapat menurunkan durasi terbentuknya ruam, serta akan membantu dalam meringankan rasa sakit yang terjadi akibat ruam tersebut.

Oleh karena itu, perlu Anda perhatikan bahwa menjaga kesehatan kulit dan tubuh Anda merupakan hal yang paling utama yang harus Anda lakukan agar terhindar dari penyakit herpes.

Itulah beberapa informasi mengenai penyakit herpes dan obat penyakit herpes. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Jika Anda ingin mengetahui secara lebih jelas mengenai obat penyakit herpes, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff medis kami, melalui tombol konsultasi di bawah ini.