Penyakit infeksi saluran kencing merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat masuknya bakteri ke dalam saluran kencing sehingga menyebabkan infeksi. Apa sajakah ciri-ciri infeksi saluran kencing itu?

Penyakit infeksi saluran kencing adalah penyakit yang paling sering di derita oleh seluruh masyarakat, bahkan dapat menyerang berbagai kalangan usia. Pada umumnya penyakit ini menyerang perempuan serta ibu hamil. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab penyakit ini dapat dengan mudah diobati dan disembuhkan.

Infeksi saluran kencing dapat terjadi kepada siapa saja, khususnya kepada para wanita. hal ini dikarenakan wanita mempunyai uretra yang lebih pendek sehingga rentan terinfeksi. Perlu Anda ketahui bahwa infeksi saluran kencing (ISK) adalah kondisi dimana beberapa organ kemih seperti ureter, ginjal, kandung kemih serta uretra mengalami infeksi.

Infeksi ini terjadi akibat bakteri Escherichia coli atau yang lebih dikenal dengan sebutan E.Colli. Bakteri ini biasanya hidup dan berkembang di dalam saluran pencernaan, lalu masuk ke dalam sistem saluran kemih akibat kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan organ intimnya, baik setelah buang air besar maupun setelah buang air kecil.

Selain karena kurang menjaganya seseorang dalam menjaga kebersihan organ intim, ternyata infeksi saluran kemih juga dapat dipicu akibat iritasi setelah Anda melakukan hubungan seksual. Hal ini mengakibatkan terganggunya kinerja pengosongan urine akibat penyumbatan yang terjadi pada saluran kemih karena batu ginjal, dan lain-lain.

Ciri-ciri Infeksi Saluran Kencing

Seperti penyakit pada umumnya, terjadinya infeksi saluran kencing juga disertai dengan ciri-ciri atau gejala. Berikut ini adalah ciri-ciri infeksi saluran kencing yang biasanya terjadinya, antara lain yaitu:

• Munculnya rasa nyeri saat buang air kecil

Munculnya rasa nyeri saat akan buang air kecil merupakan salah satu ciri paling utama dari penyakit ini. Ketika Anda buang air kecil, maka Anda akan merasakan rasa nyeri dan terbakar serta panas. Namun, kondisi ini akan hilang setelah Anda selesai buang air kecil.

• Munculnya perasaan ingin selalu buang air kecil

Gejala lainnya dari infeksi saluran kencing adalah munculnya keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus, meskipun perasaan tersebut hanya beberapa menit atau setengah jam, padahal sebelumnya penderita baru saja buang air kecil dan hanya sedikit sekali urine yang keluar.

• Seringnya buang air kecil saat malam hari

Ini merupakan gejala yang biasanya menyerang saat penderita sedang tertidur lelap. Saat mengalami gejala ini, biasanya penderita akan terbangun ketika malam hari dengan kondisi perasaan buang air kecil yang tidak dapat tertahan.

• Munculnya rasa nyeri atau perasaan tidak enak pada perut bagian bawah

Munculnya rasa nyeri pada perut bagian bawah merupakan salah satu dari beberapa ciri infeksi saluran kemih. Namun, jika munculnya rasa nyeri terdapat pada bagian kandung kemih, maka hal ini dapat mengindikasikan bahwa terdapat batu kandung kemih sehingga perlu Anda waspadai.

• Air kencing berwarna merah

Ciri-ciri infeksi saluran kencing yang paling mencolok adalah saat Anda buang air kecil, namun air seni yang Anda keluarkan berwarna kemerahan dan menyerupai warna darah. Akan tetapi gejala penyakit ini ternyata bukan hanya akibat infeksi saluran kemih, namun juga dapat terjadi akibat penyakit ginjal seperti batu, glomerulonephritis, dan akibat efek samping obat TBC.

Itulah beberapa ciri-ciri infeksi saluran kencing yang biasanya terjadi. Apabila Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai informasi ini, Anda dapat langsung berkonsultasi secara online dengan dokter spesialis kami dengan cara mengklik tombol konsultasi di bawah ini.