Bagi setiap orang yang normal, tentunya akan melakukan buang air kecil paling tidak selama 4 hingga 8 kali setiap harinya. Namun, jika terlalu sering buang air kecil hingga mengganggu tidur Anda, tentunya bukanlah sesuatu yang lazim terjadi. Lalu bagaimanakah cara mengatasi sering buang air kecil?

 

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi sering buang air kecil, sebaiknya perlu Anda ketahui bahwa sering buang air kecil dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kebanyakan minum atau dapat disebabkan oleh penyakit. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa hal penyebab seringnya buang air kecil hingga cara mengatasinya.

Penyebab sering buang air kecil

Sering buang air kecil dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu sering buang air kecil tanpa rasa sakit, dan buang air kecil yang disertai dengan rasa sakit. Dua hal ini biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi baru-baru ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab seringnya buang air kecil, antara lain yaitu:

  • Minum secara berlebihan

Salah satu penyebab terjadinya buang air kecil secara sering adalah terlalu banyak minum. Jika Anda telalu banyak minum, maka secara otomatis Anda akan sering mengalami buang air kecil. Ini semua terjadi akibat adanya mekanisme keseimbangan tubuh, yaitu saat air yang terdapat di dalam tubuh telah cukup, maka sisanya akan dibuang.

 

  • Jenis minuman yang dikonsumsi

Penyebab seringnya buang air kecil lainnya dapat dipicu oleh jenis minuman yang dikonsumsi, seperti kopi atau teh yang mengandung kafein sehingga dapat memicu terjadinya buang air kecil. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk mengurangi minuman tersebut atau menghindarinya jika Anda merasa sudah terlalu sering buang air kecil. Selain kedua jenis minuman tersebut, sebisa mungkin hindari juga untuk mengkonsumsi alkohol, minuman berkarbonisasi, produk yang mengandung tomat, pemanis buatan, cokelat, dan makanan pedas.

 

  • Terjadinya infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih ternyata juga menjadi penyebab seringnya buang air kecil yang disertai dengan rasa nyeri, panas dan rasa sakit. Selain itu, infeksi saluran kemih juga dapat mengakibatkan air seni atau urine yang keluar sangat sedikit bahkan dapat menyebabkan rasa nyeri dan panas seperti terbakar, kondisi ini biasa disebut dengan anyang-anyangan. Untuk dapat mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk dapat mengusir bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

 

  • Penyakit diabetes melitus

Penyakit diabetes melitus juga dapat mengakibatkan seseorang sering buang air kecil. Ini dapat terjadi karena adanya sifat gula yang dapat menarik cairan (hidrofilik). Seringnya Anda mengalami kencing di malam hari, sangatlah mengganggu, terlebih lagi jika hal ini terjadi 3 hingga 5 kali.

 

  • Penyakit diabetes insipidus

Penyakit ini terjadi saat produksi hormon ADH (antidiuretic hormone) mengalami penurunan atau reseptor hormon mengalami gangguan sehingga menyebabkan produksi urine mengalami peningkatan. Pada kondisi ini ginjal tidak dapat mengatur keseimbangan air yang terdapat di dalam tubuh dengan membuat urine menjadi lebih encer karena gagal berkonsentrasi. Inilah yang menyebabkan tubuh menjadi kehilangan terlalu banyak urine dan mencoba untuk dapat mengkompensasinya sehingga membuar penderita menjadi lebih mudah haus.

Cara mengatasi sering buang air kecil

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab sering buang air kecil. Berikut ini adalah cara mengatasi sering buang air kecil, antara lain yaitu:

  • Mengkonsumsi yoghurt

Agar Anda tidak selalu bolak balik ke kamar mandi, sebaiknya Anda mengkonsumsi yoghurt segar setiap harinya. Hal ini dikarenakan yoghurt mengandung antibakteri yang dipercaya mampu untuk membantu mencegah adanya bakteri serta melawan infeksi

 

  • Latihan kegel

Latihan kegel merupakan obat alami yang dapat membantu Anda untuk menyembuhkan buang air kecil secara berulang. Untuk melakukan latihan kegel, Anda dapat melakukannya dengan cara memposisikan diri Anda dalam keadaan duduk dengan posisi berlutut sampai otot-otot panggul Anda kencang. Setelah itu tarik otot pada hitungan ketiga, lalu tahan hingga tiga hitungan, kemudian secara perlahan-lahan Anda kendurkan otot-otot Anda. Lakukan cara ini selama beberapa kali secara bertahap. Cara ini dipercara mampu membantu untuk dapat memperkuat otot-otot panggul Anda sehingga Anda dapat dengan mudah mengontrol kandung kemih Anda menjadi lebih baik.

 

  • Mengkonsumsi jus cranberry dan daun kemangi

Cara mengatasi sering buang air kecil lainnya, Anda dapat mengkonsumsi jus cranberry segar setiap harinya. Hal ini dikarenakan jus cranberry dapat membantu Anda untuk melawan infeksi, terutama infeksi saluran kemih. Selain menggunakan jus cranberry, Anda juga dapat menggunakan daun kemangi yang telah di campur dengan madu setiap harinya saat perut kosong.

 

  • Mengkonsumsi biji wijen

Biji wijen merupakan sumber vitamin, serat, mineral dan antioksidan yang dipercaya efektif untuk dapat mengendalikan kelebihan aliran urine jika dicampurkan dengan jaggery.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi sering buang air kecil yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai cara mengatasi sering buang air kecil lainnya. Anda dapat langsung berkonsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.