Pernahkah Anda mengalami perasaan ingin buang air kecil tidak tertahankan, namun urine yang dikeluarkan hanya sedikit dan disertai dengan rasa sakit? Jika Anda pernah mengalami hal itu, maka berhati-hatilah sebab kondisi itu merupakan salah satu gejala dari penyakit anyang-anyangan. Lalu bagaimana sih cara menyembuhkan anyang-anyangan?

Perlu Anda ketahui bahwa anyang-anyangan adalah suatu gejala atau gangguan kesehatan yang terdapat di dalam saluran kemih dan tidak berbahaya. Anyang-anyangan pada umumnya terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan cairan. Namun, penyakit ini juga dapat menjadi pertanda dari terjadinya penyakit infeksi saluran kemih (ISK).

Penyakit anyang-anyangan yang disebabkan oleh dehidrasi dan penyakit ISK, jika melihat dari gejala yang terjadi maka akan sangat sulit untuk mengetahuinya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat membedakan anyang-anyangan yang disebabkan oleh dehidrasi dan ISK. Apabila anyang-anyangan disebabkan oleh dehidrasi, maka penyakit ini akan dapat hilang dalam waktu singkat, sedangkan jika anyang-anyangan disebabkan oleh ISK, maka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat sembuh.

Oleh karena itu sebelum Anda mengetahui cara menyembuhkan anyang-anyangan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab anyang-anyangan yang sedang Anda alami. Hal ini dikarenakan perbedaan penyebab anyang-anyangan juga membedakan dengan cara menyembuhkan anyang-anyangan.

Penyebab Anyang-anyangan

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menyembuhkan penyakit anyang-anyangan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya anyang-anyangan, antara lain yaitu:

• Dehidrasi
  • Kehamilan
  • Infeksi saluran kemih

Cara Menyembuhkan Anyang-anyangan

Untuk dapat menyembuhkan penyakit anyang-anyangan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah, antara lain yaitu:

Mengkonsumsi banyak air

Dengan mengkonsumsi banyak air, Anda dapat segera menghilangkan penyakit anyang-anyangan yang disebabkan oleh dehidrasi. Selain itu, mengkonsumsi banyak air putih juga ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengarkan gemericik air

Apabila Anda merasakan bagian bawah pusar Anda keras, maka hal itu merupakan pertanda bahwa urine yang terdapat di dalam kandung kemih Anda telah penuh, namun karena suatu hal atau gangguan tertentu mengakibatkan urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa hal sederhana seperti menyalakan keran dengan ukuran kecil, lalu dengarkan suara gemericik aliran airnya. Hal ini ternyata dapat merangsang Anda untuk berkemih. Namun, apabila yang terjadi adalah pembesaran prostat, maka segeralah ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk diberikan penanganan secara tepat.

Meminum daun kumis kucing

Cara mengatasi anyang-anyangan selanjutnya adalah dengan meminum ramuan yang berasal dari daun kumis kucing. Untuk membuat ramuan ini, Anda dapat menggunakan daun kumis kucing yang telah dikeringkan serta beberapa gula jawa secukupnya. Selanjutnya Anda dapat menyeduh daun kumis kucing tersebut seperti Anda menyeduh teh, kemudian tambahkan gula jawa pada air seduhan tadi. Perlu Anda perhatikan agar tidak menggunakan gula putih, sebab gula putih akan mengurangi manfaat dari daun kumis kucing.

Meminum jeruk nipis dan gula pasir

Untuk mengatasi anyang-anyangan, Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis yang ditambahkan gula pasir secukupnya. Adapun cara membuatnya adalah dengan memeras jeruk nipis kemudian hasil perasannya diletakkan pada gelas kemudia diberikan air hangat, selanjutnya Anda dapat menambahkan gula pasir secukupnya sesuai selera Anda.

Setelah Anda melakukan cara menyembuhkan anyang-anyangan di atas namun belum ada perubahan atau tanda-tanda yang lebih baik, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta untuk mengetahui secara pasti kondisi yang sedang Anda alami.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menyembuhkan penyakit anyang-anyangan. Jika Anda ingin mengetahui informasi ini secara lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.