Sebagai seorang wanita sangat mutlak hukumnya untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, terutama bagian organ intimnya. Sebab organ intim wanita atau yang lebih sering disebut vagina merupakan bagian yang sangat penting bagi wanita.

Dengan menjaga kesehatan vagina, dapat menghindarkan vagina Anda dari berbagai macam bakteri penyebab bau pada vagina atau infeksi jamur. Untuk itu perlu adanya info kesehatan wanita, agar para wanita dapat mengetahui mengenai tips dan info kesehatan wanita yang baik.

Pada artikel ini akan diberikan beberapa tips dan info kesehatan wanita yang baik dan benar.

  1. Jangan menggunakan sabun

Sabun mengandung suatu zat kimia yang dapat merusak keseimbangan pH vagina seorang wanita. Jika Anda tidak percaya diri dengan bau vagina Anda, maka jangan sekali-kali Anda memakai sabun untuk membersihkannya. Terlebih lagi jika Anda sedang mengalami menstruasi atau haid.

 

  1. Menjaga kebersihan vagina saat menstruasi

Saat Anda mengalami siklus menstruasi atau haid, hal yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah kebersihan vagina. Gantilah pembalut setiap 3 sampai 4 jam sekali, tujuannya untuk menghindari kuman dan bakteri masuk dan berkembang biak didalam vagina Anda.

 

  1. Mengenakan pakaian yang longgar dan tidak ketat

Gunakanlah pakaian longgar agar vagina tidak menjadi lembab, sebab pakaian yang ketat selain menyebabkan vagina menjadi lembab, juga mengakibatkan jamur dan bakteri akan tumbuh dan berkembang biak. Selain itu gemar memakai pakaian yang ketat, dapat menyebabkan infeksi dan ruam.

 

  1. Melakukan senam kegel

Senam kegel adalah menggerakkan otot seputar organ seksual yang dilakukan dengan teratur dan berkelanjutan, secara kasat mata tidak dapat diamati namun hasilnya dapat dirasakan dengan jelas, karena senam ini membantu memperkuat otot-otot organ intim serta vagina. Otot-otot yang kuat dapat membantu Anda dalam berhubungan seksual sehingga menjadi lebih nikmat melakukannya.

 

  1. Jangan menggunakan parfum

Kandungan alkohol yang terdapat di dalam parfum tanpa Anda sadari akan merusak pH vagina Anda, sehingga vagina akan semakin rentan terhadap iritasi. Untuk itu jika Anda ingin meningkatkan keharuman vagina Anda, sebaiknya jangan menyemprotkan parfum ke daerah sekitar vagina Anda.

 

  1. Gunakanlah celana dalam katun

Dalam memilih celana dalam, carilah celana dalam yang bahannya terbuat dari katun. Sebab bahan katun mudah menyerap keringat dibandingkan dengan bahan lainnya. Kain katun sendiri juga dipercaya mencegah infeksi jamur yang terjadi pada organ intim yang disebabkan oleh kondisi yang lembab pada daerah sekitar organ intim.

 

  1. Cukur Rambut Kemaluan

Rambut kemaluan merupakan sarang untuk berkembang biaknya bakteri dan jamur yang dapat menciptakan infeksi pada vagina. Oleh karena itu bagi para wanita sangat disarankan untuk mencukur rambut kemaluannya secara rutin dan teratur.

 

  1. Banyak minum air putih

Air merupakan sumber kehidupan serta merupakan pembersih alami yang dapat dengan mudah kita jumpai dimanapun kita berada. Air juga baik untuk menjaga kesehatan vagina Anda, sebab dengan mengkonsumsi air yang banyak, maka semua bakteri yang terdapat di dalam vagina akan terbuang melalui urin.

Itulah beberapa tips kesehatan wanita yang wajib diketahui oleh setiap wanita. Apabila Anda mengalami gejala yang aneh pada vagina Anda, segeralah menghubungi dokter. Jika Anda ingin berkonsultasi dengan dokter kami, silahkan klik kolom konsultasi di bawah ini untuk berkonsultasi secara online.