penyebab penyakit herpes

Herpes merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada kulit dan biasanya ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung secara berkelompok dan berisikan air. Penyakit ini sangat mengganggu sebab menimbulkan rasa nyeri, panas dan gatal. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit herpes.

Dalam dunia kedokteran, herpes terbagi menjadi dua jenis yaitu Herpes Zoster dan Herpes Genitalis. Herpes Zoster adalah penyakit peradangan yang biasanya menyerang pada bagian kulit, sedangkan Herpes Genitalis adalah penyakit herpes yang termasuk dalam kategori penyakit kelamin.

Penyebab penyakit herpes berbeda-beda antara satu dengan lainnya, tergantung dari jenis penyakit herpesnya. Herpes Genitalis biasanya disebabkan oleh virus herpes simpleks, sedangkan Herpes Zoster disebabkan oleh virus Varicella Zoster, yang merupakan virus yang sama dengan penyakit cacar air. Jika seseorang pernah mengalami cacar air, maka besar kemungkinan orang tersebut juga mengalami herpes zoster.

Penyebab Penyakit Herpes

Herpes Zoster

Penyakit Herpes Zoster biasanya dialami oleh para manusia yang berusia di atas 50 tahun. penyakit ini dikenal oleh masyarakat luas dengan sebuta cacar air yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster.

Virus ini merupakan virus yang dapat menetap dalam tubuh meskipun telah sembuh dari penyakit cacar air dan dapat aktif kembali di kemudian hari sehingga menyebabkan penyakit herpes zoster. Belum dapat diketahui secara pasti mengapa virus tersebut dapat aktif kembali. Namun, terdapat beberapa faktor yang diduga dapat mempengaruhi virus tersebut dapat aktif kembali, antara lain yaitu:

• Pernah menderita cacar air
  • Sistem kekebalan tubuh berkurang atau menurun yang disebabkan oleh berbagai penyakit seperti diabetes, menjalani kemoterapi atau menggunakan obat steroid dalam jangka waktu yang panjang
  • Usia, terutama yang telah menginjak usia lanjut 50 tahun ke atas
  • Stress yang berlebihan

Sebuah studi menunjukkan bahwa para penderita herpes zoster tidak dapat menularkan penyakit ini kepada orang lain, namun dapat menularkan penyakit cacar air kepada orang lain. Jika Anda belum pernah mengalami cacar air, namun pernah mengalami kontak langsung dengan ruam yang timbul akibat penyakit herpes zoster, maka Anda secara otomatis akan terinfeksi virus herpes zoster dan akan terkena cacar air.

Gejala yang biasanya timbul pada penderita herpes adalah munculnya rasa sakit seperti terbakar pada bagian kulit yang terinfeksi dan dalam beberapa hari, ruam tersebut akan menyerupai setengah lingkaran.

Pada umumnya ruan akan mengelilingi bagian sisi kanan dan sisi kiri bagian perut dan dada, selanjutnya ruam akan membentuk luka yang melepuh, dimana di dalamnya berisi air yang terasa sangat gatal, selanjutnya luka tersebut akan menjadi koreng dan akan kering dalam waktu 3 hingga 5 hari.

Gejala penyakit ini dapat dikatakan cukup bervariasi, sebab sebagian penderita ada yang mengalami rasa nyeri tetapi tidak mengalami ruam, sedangkan yang lainnya ada yang mengalami rasa nyeri serta menyebabkan ruam. Berikut ini adalah gejala-gejala lain dari penyakit herpes yaitu:

• Nyeri pada seluruh bagian tubuh
  • Sakit pada bagian kepala
  • Demam dan menggigil

Virus varicella zoster merupakan virus yang tidak berbahaya dan tidak terlalu serius serta tidak dapat mengancam jiwa Anda. Akan tetapi, jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar dapat diberikan solusi yang lebih baik.

Herpes Genitalis/ Herpes Simpleks

Penyebab Penyakit herpes genitalis atau herpes simpleks adalah virus herpes simpleks atau HSV yang biasanya menular melalui hubungan seksual seperti oral dan anal. Virus ini terbagi menjadi dua jenis yaitu HSV-1 dan HSV-2.

Virus HSV-1 biasanya menyerang bagian mulut dan bibir sehingga menyebabkan lepuhan kecil yang berkelompok pada sekitar bagian bibir, dimana setelah lepuhan atau gelembung tersebut pecah, maka akan terbentuk luka dengan krusta pada bagian atasnya. Virus ini juga dapat menyebar mulai dari mulut ke bagian genital melalui hubungan intim.

Virus HSV-2 merupakan virus yang paling sering ditemukan sebagai penyebab herpes genitalis, virus ini menyebar dan menular pada umumnya melalui hubungan seksual.

Kedua virus tersebut dikenal dapat menginfeksi bagian genital, kulit pada sekeliling rektum atau tangan, serta beberapa bagian tubuh lainnya bahkan mata sekalipun tidak akan luput dari kedua virus tersebut.

Herpes simpleks diketahui dapat menginfeksi wanita serta mampu menyebabkan kelainan pada janin. Untuk itu jika seorang wanita yang terkena penyakit herpes ini dalam keadaan hamil, maka dapat menularkan virus ini kepada sang bayi pada saat persalinan. Sebab menurut penelitian 70 sampai 80% dari penyakit herpes simpleks didapatkan ketika bayi baru lahir.

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab penyakit herpes yang perlu Anda ketahui. Oleh sebab itu kenalilah sejak dini gejala-gejala penyebab penyakit herpes, terutama bagi wanita yang sedang mengandung agar calon buah hatinya tidak terinfeksi virus herpes.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai penyebab penyakit herpes, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter spesialis kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.