cara mengobati herpes, mengobati herpes

Pernahkah Anda merasakan kulit Anda gatal, panas, sakit, nyeri serta munculnya ruam kemerahan? Waspadalah itu merupakan tanda-tanda gejala penyakit herpes. Apakah penyakit herpes itu? Lalau bagaimana cara mengobati herpes?

Herpes adalah infeksi peradangan kulit yang disebabkan oleh virus. Pada umumnya virus ini akan menyerang saraf tepi, sehingga menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Selain menimbulkan rasa sakit saat masih berbentuk luka, rasa sakit juga akan tetap dapat dirasakan oleh penderita walaupun luka tersebut telah kering dan telah sembuh.

Perlu Anda perhatikan bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang sangat mudah menular, untuk itu selalu berhati-hati serta selalu menjaga agar tidak terjadi kontak fisik dengan si penderita. Terdapat beberapa jenis herpes yang dapat terjadi pada kulit, namun pada umumnya yang sering ditemukan hanya dua jenis yaitu Herpes Zooster dan Herpes Genitalis.

• Herpes Zooster

Herpes Zooster merupakan herpes yang terjadi akibat virus Varicella Zooster. Gejala yang biasanya timbul dari penyakit herpes zooster mirip dengan gejala yang terdapat pada penyakit cacar air, dimana terdapat lepuhan berupa gelembung yang berwarna merah kecokelatan pada kulit. Virus ini pada umumnya menyerang bagian sekitar perut kita.

• Herpes Genitalis

Herpes genitalis terjadi akibat dari hubungan seksual yang tidak aman dan tidak sehat. Jenis herpes ini sangat sulit untuk disembuhkan serta dapat mengalami kambuhan. Penderita yang pernah mengalami herpes genitalis meskipun telah dinyatakan sembuh akan tetap dapat mengalami infeksi. Herpes genitalis pada umumnya akan menyerang pada bagian sekitar organ intim Anda.

Cara Mengobati Herpes

Terdapat beberapa cara mengobati herpes yang dapat Anda lakukan, baik menggunakan obat-obatan yang berasal dari resep dokter, klinik, rumah sakit dan apotik. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan tradisional yang dapat Anda temui di sekitar rumah Anda sebagai ramuan untuk mengobati penyakit herpes.

Cara mengobati herpes menggunakan resep dokter

Jika Anda memilih untuk menggunakan obat-obatan yang berasal dari dokter, biasanya Anda akan diberikan obat-obatan antibiotik seperti paracetamol, famciclovir, desiklovir serta beberapa obat-obatan medis lainnya. Pemberian obat-obatan tersebut bertujuan untuk mengurangi serta meredakan rasa nyeri yang muncul sewaktu-waktu. Tindakan ini hanya diberikan bagi penderita herpes ringan. Bagi penderita herpes yang sudah cukup parah, sebaiknya segera Anda bawa ke Rumah Sakit terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan lebih lanjut dan lebih intensif.

Cara mengobati herpes menggunakan bahan-bahan tradisional

Bagi Anda yang memilih menggunakan bahan-bahan tradisional sebagai cara mengobati herpes yang paling efektif, Anda dapat mencari bahan-bahan berikut ini yang dapat Anda temukan di lingkungan sekitar rumah Anda. Adapun bahan-bahan tradisional tersebut antara lain yaitu:

• Jintan Hitam

Jintan hitam atau habbatussauda adalah obat alami yang dipercaya mampu mengobati penyakit herpes. Untuk membuat ramuan untuk menyembuhkan penyakit herpes, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan seperti temu putih, brotowali, daun sambiloto, umbi bidara upas serta satu sendok jintan hitam. Rebuslah semua bahan tersebut menggunakan satu liter air hingga yang tersisa hanya dua gelas saja, kemudian minumlah hasil dari rebusan semua bahan tersebut secara rutin dan teratur.

• Waru Landak

Waru landak adalah tanaman obat yang sudah sangat terkenal akan khasiatnya dalam mengobati penyakit kulit. Cara mengobati penyakit herpes menggunakan daun waru landak adalah dengan menumbuk halus 10 lembar daun waru landak, kemudian hasilnya dioleskan pada bagian kulit yang terinfeksi penyakit herpes, setelah itu ditutup menggunakan kain kasa agat mendapatkan hasil yang maksimal. Disarankan untuk terus melakukan hal ini hingga herpes mengering.

• Kacang Gude

Kacang gude juga dipercaya sebagai obat untuk mengobati penyakit kulit. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggiling daun kacang gude hingga halus, kemudian dioleskan pada bagian kulit yang terinfeksi herpes, lalu tutup menggunakan kain kasa agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal

• Teh Hijau

Teh hijau dipercaya mengandung banyak khasiat salah satunya untuk mengobati penyakit kulit herpes. Caranya yaitu dengan mencelupkan teh hijau kedalam air hangat, lalu teh tersebut Anda gunakan sebagai kompres pada bagian yang terinfeksi herpes.

• Daun Dewa Merah

Daun dewa merah mengandung akrobiotik yang sangat baik untuk mengobati penyakit herpes. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menumbuk daun dewa merah sampai halus, lalu dioleskan pada kulit yang terinfeksi penyakit ini.

• Daun Binahong

Daun binahong sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya yaitu penyakit kulit. Untuk mengobati penyakit herpes, Anda dapat menggunakan daun binahong yang telah ditumbuk halus, kemudian hasil tumbukan tersebut dioleskan pada kulit yang mengalami herpes.

Itulah beberapa cara mengobati herpes yang dapat Anda lakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat Anda temui disekitar lingkungan rumah Anda. Jika Anda ingin mengetahui informasi ini lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini